Wali Kota Dukung Penuh Porwil Dulongmas

Kamis 09-01-2020,16:40 WIB

AUDIENSI - Pengurus KONI Kota Pekalongan beraudiensi dengan Wali Kota, M Saelany Machfudz dalam rangka melaporkan progres persiapan gelaran Porwil Dulongmas tahn 2020 yang akan digelar di Kota Pekalongan.

KOTA - Pengurus KONI Kota Pekalongan melakukan audiensi dengan Wali Kota untuk melaporkan progres persiapan gelaran pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas tahun 2020. Audiensi diikuti oleh Ketua KONI, Mochammad C Maretan bersama Sekretaris, Taufan Adestia dan pengurus lainnya yakni Kompol Agus Riyanto dan Faris M Bisyir.

Dalam laporannya, Ketua KONI menyampaikan bahwa persiapan gelaran Porwil Dulongmas sudah sampai pada tahap pembentukkan panitia besar. Selain itu, juga disampaikan kebutuhan-kebutuhan lain yang diharapkan dapat didukung penuh oleh Wali Kota. "Kami sudah membentuk panitia besar, dimana beberapa anggotanya adalah ASN Pemkot Pekalongan juga. Sehingga kami juga mengharap dukungan penuh dari Pak Wali," tuturnya, Rabu (8/1/2020).

Maaretan juga mengatakan bahwa sebagai tuan rumah, Kota Pekalongan masih kekurangan banyak venue sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan. Memang, kata Maretan, venue bisa diambil di luar daerah namun dia berharap semaksimal mungkin penyelenggaraan pertandingan dapat dilaksanakan di Kota Pekalongan.

"Dalam penyelenggaraan ini kami juga menggandeng pelaku pariwisata dan pelaku perekonomian lain agar turut mendukung serta dapat mengambil manfaat besar dari Porwil Dulongmas. Sehingga kami yakin ini juga dapat berdampak besar untuk pengembangan perekonomian Kota Pekalongan selain untuk meningkatkan prestasi dan nama baik olahraga kita," tambahnya.

Pengurus lainnya, Kompol Agus Riyanto mengatakan bahwa gelaran Porwil Dulungmas bisa memberi manfaat besar untuk Kota Pekalongan. Karena akan ada ribuan atlet dari 17 kabupaten/kota yang akan hadir. "Jika kita sukses sebagai tuan rumah, insya Allah akan banyak manfaatnya ke depan," katanya.

Usai mendengarkan laporan, Wali Kota M Saelany Machfudz menyatakan dukungannya. Dia mencontoh bagaimana Jepang dan Korea Selatan yang berani mengambil kesempatan menjadi tuan rumah piala dunia sehingga mendapatkan manfaat besar. "Tidak hanya saat penyelenggaraan tapi justru setelah itu wisata kedua negara semakin berkembang. Karena itu adalah bagian dari promosi," tuturnya.

Sehingga dia ingin Kota Pekalongan bisa memanfaatkan momentum tersebut agar setidaknya bisa mendapat manfaat yang sama. "Walaupun kita di tingkat daerah tapi semoga juga bisa menjadi ajang promosi besar untuk Kota Pekalongan," harap Wali Kota.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga memberikan masukan agar KONI dapat 'menjual' Porwil Dulongmas sehingga dapat menggaet banyak sponsor. Bahkan Wali Kota menyarankan untuk membentuk tim khusus sehingga bisa bergerak cepat mencari sponsor untuk mendukung event empat tahunan tersebut.

"Jadi dukungan dana tidak hanya dari APBD tapi juga bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk bersama mendukung kegiatan ini. Bentuk tim khusus yang bisa jualan. Agar KONI tidak ketinggalan dengan yang lain dengan cara menggaet sponsor," katanya.

Wali Kota yakin apa yang ada di Kota Pekalongan bisa menjadi magnet dan daya tarik bagi para pendatang. "Insya Allah magnet dan daya tarik kota ini bisa dijual. Sehingga mudah-mudahan bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan setelah penyelenggaraan Dulongmas," harapnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait