Stok Gula Pasir di Bulog dan PG Sragi Kosong

Selasa 24-03-2020,13:45 WIB

*Harga Kebutuhan Pokok Stabil

KAJEN - Stok gula pasir di Gudang Bulog Bondansari dan PG Sragi kosong, sehingga harganya melonjak. Pemerintah menjamin pada akhir bulan Maret ini pasokan gula pasir akan kembali aman. "Harga kebutuhan pokok masih stabil. Kenaikan terjadi hanya untuk gula pasir. Dari hasil koordinasi dengan Bulog dan PG Sragi, stok gula pasir memang kosong," terang Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan Hurip Budi Riyantini, Selasa (23/3/2020).

Namun, lanjut dia, pemerintah menjamin sekitar tujuh hingga 10 hari ke depan pasokan gula pasir sudah ada lagi.

"Pemerintah Pusat menjamin akhir Maret ini dijamin gula sudah datang. Ini memang butuh waktu, karena gula impor kan diolah dulu dari raw sugar diolah menjadi siap konsumsi," kata dia.

STOK AMAN

Hurip memastikan stok kebutuhan pangan di Kabupaten Pekalongan masih aman, sehingga masyarakat tidak usah panik dengan melakukan aksi borong. "Panic buying Insya Allah tidak terjadi karena ketersediaan barang masih mencukupi. Bahkan harga sayuran malah turun," kata dia.

Ditandaskan, harga-harga barang kebutuhan pokok yang lain masih stabil. "Ketersediaan barang relatif cukup. Beras juga cukup untuk tiga bulan ke depan," kata dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga-harga kebutuhan pokok masih stabil. Harga beras di tingkat eceran sekitar Rp 10.000 hingga Rp 11 ribu perkilo, harga telur Rp 26 ribu perkilo di tingkat pengecer, dan harga gula pasir naik dari Rp 17.000 perkilo menjadi Rp 18.500 perkilo di tingkat pengecer. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait