Pendampingan Petani Tambak Diminta Maksimal

Selasa 18-02-2020,11:15 WIB

*Komisi B Tinjau KUB Baito Alit

TINJAU - Komisi B DPRD Kendal tinjau perkembangan kelompok petani tambak kerang hijau KUB Baito Alit Makmur.

KENDAL - Kelompok Usaha Bersama (KUB) Baito Alit Makmur di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal Kota, mendapat perhatian dari Komisi B DPRD Kendal. Pasalnya kelompok petani tambak kerang hijau rencananya tahun ini akan mendapatkan hibah untuk pengembangan rumpon atau alat penangkap ikan yang dirakit dari bambu.

Ketua Komisi B DPRD Kendal, Dian Alfat muchammad mengatakan, pihaknya sudah melakukan kunjungan ke KUB Baito Alit Makmur. Kedatanganya bersama anggota komisi untuk melihat langsung perkembangan usaha kelompok petani tambak kerang hijau tersebut. "Rencananya, tahun ini KUB akan mendapatkan hibah untuk pengembangan rumponnya," katanya, Senin (17/2/2020).

Dian Alfat mengungkapkan, KUB Baito Alit saat ini sedang mengembangkan kawasan wisata pemancingan dengan pendampingan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal. Upaya ini untuk membantu para anggota mengatasi permasalahan saat musim paceklik. "Selain itu, untuk dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat," ungkapnya.

Dian Alfat meminta agar pendampingan KUB Baito Alit dilakukan DKP secara maksimal dan berkelanjutan. Tujuannya agar kelompok petani tambak bisa berkembang dan mandiri. "Jangan ditinggal di tengah jalan. Kami di legislatif akan mengawal dalam penganggaran dan pengawasannya," tandasnya.

Kepala DKP Kabupaten Kendal, Sri Harjito mengatakan, rencana hibah ke KUB Baito Alit merupakan program khusus diversifikasi nelayan untuk dapat meningkatkan pendapatan. Dalam program ini, kelompok usaha budidaya kerang hijau akan diajak menganekaragamkan produk usahanya menjadi sebuah kawasan pemancingan.

"Bentuknya kawasan Fishing Tour atau dikenal sebagai Fishing Trip. Yakni berlokasi perairan laut beberapa kilometer dari bibir pantai. Kawasan akan dibuat sebagai tempat wisatawan untuk menyalurkan hobi memancing. Kelompok nelayan akan dibina nantinya," katanya.(lid)

Tags :
Kategori :

Terkait