Pendemi, Guru Diajarkan Pembelajaran Online E-Coole

Kamis 30-07-2020,13:40 WIB

KEDUNGWUNI - Guna mempermudah proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19, Tim PKM FKIP Universitas Pekalongan (Unikal) memberikan pendampingan kepada sejumlah guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris. Pendampingan pembelajaran alternatif secara online melalui media E-Coole ini digelar di SMPN 1 Kedungwuni.

Aplikasi E-Coole merupakan media pembelajaran berbasis website. Melalui media E-Coole maka proses pembelajaran dapat diselenggarakan secara online.

Sementara di tengah pandemi covid-19 ini dalam melakukan pendampingan tetap mengedepankan dan mematuhi protokoler kesehatan. Selain peserta mengenakan masker, sebelum masuk ruangan juga wajib mencuci tangan atau hand sanitizer serta melakukan phisical distancing.

Ketua Tim Pelaksanan PKM FKIP Unikal, Ida Ayu Panuntun, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk membantu guru memberikan alternatif pembelajaran online yaitu melalui media E-Coole.

"Dalam pendampingan ini kami sampaikan beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini. Seperti adanya teknik penerapan strategi Student Centered Learning (SCL) pada aplikasi E-Coole ini, " terangnya.

Adapun dari hasil pendampingan, kata Ida, bahwa penggunaan media E-Coole ini sangat mendukung proses pembelajaran. Karena mudah digunakan dan terdapat berbagai fitur aplikasi. Terlebih aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa Strategi Student Centered Learning yang mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

"Yang kami harapkan melalui kegiatan ini, guru dapat mulai mengambil langkah dalam pembelajaran berupa penerapan beberapa strategi SCL. Dengan begitu siswa dapat lebih berpartisipasi secara aktif. Selain itu melalui pendampingan pembelajaran dengan aplikasi ini, akan sangat membantu guru dalam penguasaan IPTEK, " imbuhnya. (adv/Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait