Pendidik PAUD Semangat Lanjutkan Pendidikan

Rabu 12-02-2020,20:15 WIB

DISKUSI - Salah satu materi Diklat Mahir yang digelar Himpaudi Batang di Sekretariat Himpaudi Batang, Rabu (12/2). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Semangat melanjutkan pendidikan terus ditunjukkan pendidik PAUD di Kabupaten Batang. Salah satunya bagi pendidik yang masih belum memenuhi kualifikasi pendidikan S-1 PAUD. Seperti terlihat, Rabu (12/2/2020), sejumlah 28 pendidik PAUD mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Mahir di Sekretariat Himpaudi.

"Diklat mahir ini sudah empat kali kami lakukan. Kali ini ada 28 pendidik yang ikut. Dimana dengan Diklat mahir ini bisa memudahkan bagi pendidik PAUD yang masih lulusan SMA untuk melanjutkan S-1PAUD program RPL di Univet Semarang. Jadi kalau sudah memiliki sertifikat Diklat Mahir ini, hanya butuh perkuliahan selama sekitar empat semester untuk bisa lulus S-1 PAUD," Jelas Ketua Himpaudi Batang, Hanik Triwidyaningsih SPd AUD.

Hanik menjelaskan, sebelum memperoleh sertifikat Diklat mahir ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Utamanya mengikuti Diklat dari jenjang dasar, kemudian jenjang dasar, dan kemudian Diklat mahir.

"Diklat itu ada tiga, dari dasar, lanjutan dan mahir. Sebenarnya kalau sudah mengikuti Diklat hingga jenjang mahir ini, seorang pendidik PAUD sudah bisa dikatakan sebagai guru PAUD. Namun kalau sesuai dengan SPM maka harus melanjutkan S-1, dan sebisa mungkin harus linier," jelasnya.

Oleh karenanya, secara bertahap pihaknya selalu rutin menggelar Diklat Berjenjang. Meski terkadang harus dilakukan secara mandiri secara swadaya pendidik, mereka tetap bersemangat. Lantaran agar bisa memperjuangkan kesetaraan dan status mereka sebagai Guru PAUD.

"Sementara ini masih ada 421 guru PAUD yang masih berstatus lulusan SMA. Dan ada juga yang masih S-1 non PAUD. Oleh karenanya lewat Diklat Berjenjang ini kami dorong mereka untuk melanjutkan pendidikan. Sehingga bisa menjadi lulusan S-1 Paud. Kalau sudah linier mereka juga bisa mendapatkan Bosda dari Pemda," tandasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait