Warga Kajen Mampu Produksi APD

Minggu 05-04-2020,14:24 WIB

APD - Warga Rt 1/1 Kelurahan/Kecamatan Kajen memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penularan virus Corona. TRIYONO

KAJEN - Warga Kelurahan Kajen Kecamatan Kajen, Mustaqim (55) ternyata mampu membuat Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah corona. Bahkan, ditengah wabah virus Corona ia mulai mendapat banyak pesanan.

Adapun pakaian APD dengan menggunakan bahan Spunbond, saat ini belum bisa memproduksi secara massal sebab masih terkendala mendapatkan bahan baku. Kain spunbond harus inden atau memesan terlebih dahulu karena banyak yang mencarinya.

Selain pakaian APD, Mustaqim juga membuat masker kair yang bisa dipakai berulang kali karena bisa dicuci. Untuk bahan baku masker tidak mengalami kesulitan sehingga ia bisa menerima banyak pesanan dari berbagai daerah secara online.

"Saya membuat karena sebelumnya banyak yang bertanya, kemudian saya mencari bahan. Setelah jadi ternyata banyak peminatnya, sehingga anak buah saya suruh membuat yang banyak, " kata Mustaqim disela sela mencoba APD buatan sendiri.

Diakui karena pakaian tersebut digunakan untuk tertentu apalagi ditengah musibah masyarakat Indonesia, ia tidak membadrol harga mahal. Yang penting modal untuk bahan, benang dan lainya tercukupi.

"Prinsip saya yang penting anak buah bisa kerja, bisa untuk mencukupi kesehariannya ditengah musim sulit seperti ini. Untuk APD jadi saya jual Rp 75 ribu karena ini sekali pakai, "lanjutnya.

Sementara untuk masker yang diproduksi secara masal dijual dengan harga Rp 3500/pcs karena bahan mudah didapatkan.

"Untuk masker saya buat sudah lama sekitar dua bulan lalu, tepatnya sejak masyarakat kesulitan mendapatkan masker, " Imbuhnya. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait