Paguyuban Komite Sekolah Segera Dibentuk

Selasa 01-09-2020,16:15 WIB

KAJEN - Komite sekolah merupakan mitra sekolah untuk menjembatani wali murid dan pihak sekolah. Namun selama ini belum terbentuk Paguyuban Komite Sekolah sehingga belum ada wadah. Untuk itu Dinas maupun Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Pekalongan diminta untuk membentuk Paguyuban Komite Sekolah.

Demikian dikatakan salah satu Komite Sekolah, Jamal, saat Rapat Pemberdayaan Komite Sekolah, Madrasah di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan.

"Komite sekolah ini mitra sekolah namun saat ini belum ada wadah atau paguyuban komite. Padahal komite sekolah ini ikut andil dalam peningkatan prestasi atau sarana prasarana penunjang pendidikan, oleh karena itu kami mohon ada Paguyuban, organisasinya," terang Jamal.

Dengan terbentuknya Paguyuban, lanjut dia, maka akan mempermudah koordinasi untuk saling saring apabila menemui kendala di lapangan. "Itu untuk mempermudah konsolidasi, " katanya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Hj Sumarwati menyampaikan bahwa memang betul perlunya dibentuk sebuah wadah untuk mempermudah koordinasi antar Komite Sekolah.

"Sama halnya Dinas Pendidikan ini ada mitra kita yaitu Dewan Pendidikan, sehingga ini akan saling suport dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Saya akui memang selama ini Komite Sekolah juga cukup berperan dalam ikut membangun sarana prasarana sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan, " katanya.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan, Siswoyo, menyampaikan bahwa pihaknya sudah memiliki program untuk itu. Dengan adanya masukan dari Komite ini akan memeperkuat dalam melangkah untuk membentuk suatu wadah dari Komite Sekolah.

"Karena dari hasil study memang diperlukan wadah Komite Sekolah sehingga akan saling berperan, " katanya.

Dalam rapat Komite Sekolah dan Madrasah juga dihadiri perwakilan dari Depag, Busaeri dan sejumlah Komite Sekolah tingkat SD dan SMP. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait