Pengawasan Pintu Keluar Stasiun Harus Diperketat

Senin 20-04-2020,11:40 WIB

*Sidak Komisi B

SIDAK - Komisi B DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke Stasiun Pekalongan untuk meninjau pengawasan penumpang.

KOTA - Komisi B DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke Stasiun Pekalongan untuk melihat kesiapan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Kota Pekalongan. Dalam sidak, Komisi B mengapresiasi upaya Stasiun yang sudha secara ketat menerapkan protokol kesehatan secara preventif.

Namun Komisi B meminta agar di saat puncak keramaian menjelang Lebaran mendatang, pihak Stasiun dapat memperketat pengawasan di pintu keluar dengan menambah jumlah petugas yang melakukan pengecekan suhu badan. "Pihak Stasiun sudah cukup bagus dalam menerapkan protokol kesehatan, sudah ketat dan preventif. Saat ini karena masih sepi petugas yang disiapkan sudah cukup. Tapi kami berharap saat mulai ramai penumpang nanti petugas dapat ditambah, khususnya di pintu keluar," tutur Ketua Komisi B, Abdul Rozak.

Sebab mereka yang turun atau keluar dari Stasiun adalah orang yang akan masuk ke Kota Pekalongan dan berasal dari luar kota. Sehingga menurutnya akan lebih rawan. "Sehingga untuk pintu keluar ini bisa diperketat dengan menambah jumlah petugas untuk mengecek kondisi penumpang yang turun. Agar setidaknya bisa sedikit terfilter di sini," tambahnya.

Dia juga mengapresiasi langkah Stasiun Pekalongan yang tegas menolak penumpang jika tidak menerapkan protokol kesehatan yakni tak bersedia dicek suhu tubuh maupun tak menggunakan masker. Bahkan pihak Stasiun siap mengembalikan uang tiket 100% jika ada penumpang yang tak menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan ketegasan ini maka penumpang bisa semakin yakin dan percaya bahwa di Stasiun maupun di dalam kereta sudah terjamin. Karena semuanya sudah diperiksa saat masuk. Kami harap kewaspadaan semakin ditingkatkan. Jika membutuhkan bantuan seperti bantuan personi, kami siap mengkomunikasikan," katanya.

Wakil Kepala Stasiun Pekalongan, Tri mengatakan, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona pihaknya sudah melakukan beberapa langkah. Diantaranya dengan menyediakan wastafel lengkap dengan sabun di pintu masuk stasiun. Serta menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh baik di pintu masuk maupun pintu keluar.

Terkait permintaan DPRD untuk menambah jumlah petugas di pintu keluar, Tri menyatakan akan mengusulkan permintaan tersebut ke manajemen. "Kami akan usulkan hal tersebut ke manajemen," tandasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait