Swadaya, Warga Prosel Rutin Semprot Desinfektan Cegah Corona

Rabu 22-04-2020,18:40 WIB

SEMPROT - Warga Proyonanggan Selatan RT4 RW1 saat menyemprot wilayah mereka dengan desinfektan sebagai upaya antisipasi Corona. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Sejak Pandemi Covid-19 mewabah, warga Proyonanggan Selatan (prosel) melakukan sejumlah aksi tanggap. Salah satunya seperti dilakukan warga RT4 RW1 Kelurahan Proyonanggan Kecamatan Batang, Rabu (22/4/2020). Secara swadaya masyarakat pun bersama melakukan penyemprotan desinfektan, baik ke tempat tinggal penduduk, maupun fasilitas umum yang ada di wilayah setempat.

"Hari ini sudah ketiga kalinya di lingkungan RT Kami mengadakan Penyemprotan Desinfektan. Tak hanya itu kamu juga bersihkan area umum seperti musala juga dalam rangka menjelang Ramadan. Sehingga nantinya ibadah bisa lebih khusyuk tanpa gangguan Covid-19," ujar Ketua RT4 RW1 Proyonanggan Selatan, Sukisno Kaidi, saat diwawancarai, Rabu (22/4/2020).

Penyemprotan kali ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Hal ini sebagai bentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan Covid-19. Selain itu pihaknya juga turut memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Alhamdulillah karena kesadaran warga kami, warga pun sadar secara swadaya untuk dilakukan penyemprotan desinfektan. Selama ini warga juga kooperatif berusaha mencegah penularan covid-19. Ke depannya kami upayakan minimal dua minggu sekali untuk melakukan penyemprotan," jelasnya.

Sementara itu Lurah Proyonanggan Selatan, Hananto Wibowo mengapresiasi program pencegahan Covid-19 yang dilakukan warganya. Pihaknya juga sudah mengimbau 30 RT untuk rutin melakukan penyemprotan desinfektan.

Tak hanya itu pihaknya juga mengedukasi masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri, jika ada yang baru saja mudik dari luar kota, khususnya zona merah. Sejak mewabahnya pandemi ini, sudah ada sekitar 30 warganya yang berstatus ODP. Namun dari jumlah tersebut sudah banyak yang menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

"Kami sangat apresiasi semangat warga kami. Khususnya di RT4 RW1 ini yang sudah rutin melakukan penyemprotan desinfektan. Dari kelurahan sendiri nantinya juga akan memberikan bantuan masker ke masyarakat. Kami juga ada posko Covid-19, sehingga jika kalau ada warga yang baru mudik untuk bisa melapor dan kami sudah mengimbau untuk melakukan karantina mandiri dan periksa kesehatan jika ada gejala terpapar Covid-19," imbaunya. (Nov)

Tags :
Kategori :

Terkait