Syawal, Sehari KUA Bisa Nikahkah 6 Pesangan

Rabu 12-06-2019,11:20 WIB

BATANG - Bulan Syawal 1440 H ini menjadi pilihan bagi para lajang di Kecamatan Batang untuk melepas status jomblo. Tercatat, ada 125 pasangan yang sudah mendaftarkan diri untuk menikah di Bulan Syawal yang bertepatan dengan Bulan Juni.

MENIKAH - Salah satu pengantin yang menikah di KUA Kecamatan Batang. NOVIA ROCHMAWATI

Kepala KUA Batang, Sodiqin menjelaskan, Syawal menjadi bulan favorit bagi para lajang untuk menggelar pernikahan. Syawal menjadi salah satu bulan yang dianggap sebagai bulan baik untuk menikah, selain Robiul Awal dan Dzulqo'dah.

"Untuk Syawal ini pasti banyak permintaan pernikahan. Bahkan kami sudah mulai menikahkan beberapa pasangan di hari kedua lebaran. Seharinya bisa sampai enam pasangan yang kami nikahkan," terang Sodiqin.

Dijelaskan, untuk Bulan Syawal ini memang kebanyakan prosesi pernikahan dilakukan di rumah mempelai. Lantaran juga pada minggu awal lebaran kantor KUA masih libur lebaran. Namun minat untuk menikah di kantor KUA juga masih ada, meskipun jumlahnya sedikit dibandingkan yang menggelar di rumah.

"Untuk prosesi memang lebih banyak di rumah mempelai. Karena biasanya juga langsung ada prosesi selamatan dan sebagainya dari pihak keluarga. Minat untuk menikah di kantor KUA ternyata masih sedikit, padahal gratis dan juga kami menyediakan gedung yang lumayan luas. Karena kami baru juga melakukan renovasi balain nikah," terangnya.

Untuk membekali para cantin dalam mengarungi bahtera rumah tangga, pihak KUA Kecamatan Batang juga memberikan pembinaan. Harapannya, pasangan bisa memiliki sedikit bekal untuk menjalankan pernikahan yang sakinah mawadah warohmah.

"Sebelum menikah mereka juga kamu berikan bekal sekolah pranikah. Tentunya ini sebagai upaya membentengi rumah tangga agar terhindar dari perceraian. Harapannya, setelah dibina lewat KUA mereka juga bisa melanjutkan pembinaan secara mandiri. Dengan belajar sendiri, sebagai bekal yang cukup ketika membangun biduk rumah tangga," tandasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait