Tahun Ini, Dua Persimpangan akan Dipasangi Traffic Light

Selasa 25-02-2020,16:20 WIB

KAJEN - Sesuai dengan pembahasan musrenbang tingkat kecamatan beberapa waktu lalu tentang pemasangan traffic light. Tahun ini Persimpangan Karangdadap dan Persimpangan Tugu Duren Karanganyar akan dilakukan pemasangan traffic light.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro menyampaikan bahwa ada beberapa ruas simpang jalan yang membutuhkan pemasangan traffic light dan itu masuk dalam usulan prioritas. Kurang lebih ada sekitar 10 tempat yang diusulkan untuk pemasangan traffic light.

Persimpangan Bligo, Persimpangan Srinahan dekat Pasar Kesesi, Persimpangan Pengkol Delektukang dan Tunjungsari, Persimpangan Kampil, Persimpangan Karangdadap, Persimpangan Tugu Duren Karanganyar, Persimpangan Kertoharjo, Persimpangan Pasar Sragi dan Persimpangan Abata Gumawang dekat SPBU baru.

Wahyu Kuncoro, Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan

"Untuk tahun ini yang bisa dipasang traffic light ada dua yakni Persimpangan Karangdadap dan Persimpangan Tugu Duren Karanganyar. Khusus untuk Persimpangan Tugu Duren Karanganyar menggunakan anggaran provinsi," ujarnya.

Dinhub Kabupaten Pekalongan sendiri sudah memetakan dan mencoba mengusulkan melalui anggaran DAK, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Pekalongan. Disamping itu juga akan mencoba mengingatkan dan menagih kepada beberapa usaha SPBU yang pada saat penyusunan Andalalin bersedian untuk membangun traffic light didekat tempat usahanya.

"SPBU yang menyatakan kesediaannya untuk membangun traffic light di daerah tempat usahanya itu ada di Sragi tepatnya di Persimpangan Pasar Sragi," pungkasnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemasangan traffic light itu ada dua hal yang harus diperhatikan yakni karena kepadatan lalu lintas dan termasuk daerah rawan kecelakaan.

"Kita ambil contoh di Persimpangan Karangdadap mungkin kepadatannya belum terlalu tinggi tetapi disana termasuk daerah rawan kecelakaan sehingga perlu dibangun pemasangan traffic light," tandasnya.

Untuk daerah lain menurut skala prioritas akan diupayakan di tahun 2021 nanti serta mencari potensi pendanaan di luar APBD Kabupaten Pekalongan.

Tags :
Kategori :

Terkait