Tampilan Kian Mempesona

Senin 07-10-2019,17:30 WIB

BLACK CANYON: Salah satu tujuan wisata favorit di Petungkriyono adalah Black Canyon di Desa Kayupuring. Foto: Hadi Waluyo.

Obyek wisata Black Canyon di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, kian mempesona. Dengan aliran air sungai yang cukup deras dan air yang jernih, Black Canyon di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan kini menjadi favorit untuk berlibur saat akhir pekan.

Black Canyon menyuguhkan pemandangan tebing batu kehitaman, sehingga kian mempesona objek wisata alam ini.

Pegunungan Petungkriyono memang menyimpan banyak tempat wisata alam yang indah, dengan keasrian dan kealamian hutan hujan tropis di Jawa. Jarak lokasi wisata ini sekitar 15 kilometer dari Pasar Doro. Pada saat wisawatan masuk dari tugu selamat datang Petungkriyono, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang begitu asri dan indah.

Tidak hanya itu, kondisi jalan yang mulus dan berliku-liku menambah daya tarik tersendiri di wisata alam ini.

Yuli (19), pengunjung objek wisata Black Canyon asal Kota Pekalongan, Minggu (6/10), mengatakan, dirinya tidak bosan berlibur di Petungkriyono, karena wisatanya bagus dan indah.

"Saya sudah lima kali ke sini. Berenang bersama teman-teman, karena di Kota tidak ada sungai yang sejernih ini," kata Yuli. Saat disinggung kenapa sering berwisata di tempat itu, Yuli menjelaskan, tempat tersebut sangat sejuk dan enak buat bersantai. Sambil menikmati keindahan alam Petungkriyono.

"Udaranya masih sejuk sekali. Selain itu, biaya masuknya murah hanya Rp 5 ribu," ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Fuad Bawazier (35), warga Kota Pekalongan. Ia menceritakan, wisata Black Canyon di Petungkriyono sangat bagus sekali, alamnya indah, dan udaranya sejuk.

"Saya dan teman-teman ngecamp di sini, terus siangnya ciblon di Black Canyon. Saya hampir tiap minggu berwisata di Petungkriyono, dan saya tidak bosan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Kayupuring, Wahono (44), mengatakan, sebelumnya lokasi ini melalui pintu masuk lainnya yang dikenal dengan nama Kedung Sipingit.

Namun, jaraknya dari Kedung Sipingit lumayan jauh sehingga dibuatkan jalur baru agar lebih dekat ke wisata ini.

"Objek wisata Black Canyon kalau akhir pekan ramai pengunjung. Ada juga yang bikin tenda di objek wisata ini. Seminggu pengunjung yang datang ke sini sekitar 200 hingga 300 orang, dan untuk satu bulan bisa 1.000 orang," katanya. Menurutnya, daya tarik objek wisata ini, yaitu kedung yang kedalamannya mencapai 5 meter hingga 7 meter.

"Wisata ini menawarkan keindahan alam juga wisata air yang sangat indah. Tidak hanya itu, kita juga menyediakan gasebo-gasebo untuk istirahat, kamar mandi, musola, dan warung makan. Tiket masuk hanya Rp 5 ribu," jelasnya.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, pengelola menyewakan live jackets atau rompi pelampung. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait