Wujud Demokrasi, Pemilihan RW Dilakukan Secara Langsung

Senin 10-02-2020,18:00 WIB

PILIH - Warga menggelar Pemilihan Ketua RW 09 Kelurahan Mayangan Kecamatan Wiradesa, Jumat (7/2/2020).

Warga RW 09 Kelurahan Mayangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan menggelar pemilihan Ketua RW, Jumat (7/2/2020). Seperti apa?

SEBAGAI perwujudan demokrasi, warga RW 09 Kelurahan Mayangan Kecamatan Wiradesa menggelar pemilihan Ketua RW secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil bak model pemilihan umum. Warga yang tergabung dari RT 25 hingga 28 Kelurahan Mayangan ini memulai kegiatan pemilu perdana yang digelar secara transparan, tanpa money politik.

Ketua Panitia Kegiatan, Zainal Abidin, menuturkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 tahun 2018.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat sini luar biasa. Meski awalnya kami cukup pesimis karena kondisi hujan dan banjir saat pemilihan, tapi tetap tidak menyurutkan semangat warga untuk hadir dalam kegiatan ini," tuturnya.

Pemilihan Ketua RW 09 periode 2020-2025 ini digelar di Lapangan Mayangan yang turut dihadiri oleh 149 pemilih. "Masing-masing Kepala Keluarga (KK) memiliki satu hak suara. Kebetulan di RW 9 Kelurahan Mayangan ini terdiri 255 KK dan ada 149 KK yang memberikan hak pilihnya," tutur dia.

Dari 7 kandidat Ketua RW yakni Sutoyo, Amin Setiawan, Sukadi SPd, Rudi Hartono, Dwi Sapto, Endang Susandi, dan H Bejo Sudarmojo, terpilihlah kandidat nomor urut 7, H Bejo Sudarmojo yang berhasil mendominasi perolehan suara.

Bak pemilihan umum lain, gelaran Pemilu Ketua RW 09 ini juga dilengkapi dengan alur alur pendaftaran, proses validasi pemilih, kertas suara lengkap, kotak suara serta pemilihan yang dilangsungkan di bilik suara khusus.

Kegiatan ini tentu turut mendapat apresiasi Kepala Kelurahan Mayangan, Slamet Aji, yang ikut hadir menyemarakkan kegiatan pemilu tersebut. "Kami menyampaikan selamat kepada kandidat terpilih.

Sekaligus rasa terima kasih kepada segenap warga RW 09 yang sangat kreatif dan bersemangat menyelenggarakan kegiatan ini," tuturnya.

Pihaknya berharap, usai terpilihnya Ketua RW 09 yang baru dapat membawa RW 09 Kelurahan Mayangan menjadi lebih baik, menjalankan tupoksi secara maksimal, serta ikut mendorong partisipasi masyarakat terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kelurahan Mayangan. "Kelurahan Mayangan khususnya RW 09 ini memang masih berfokus pada beberapa hal antara lain masalah sanitasi, pembenahan lingkungan, serta pengawasan terhadap rumah kos yang jumlahnya cukup banyak," tandas H Bejo Sudarmojo, selaku Ketua RW 09 terpilih. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait