Penyemprotan Disinfektan Massal

Selasa 31-03-2020,14:10 WIB

SEMPROT - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Muspida secara simbolis melakukan penyemprotan depan Pasar Induk Kajen.

Khususnya Area Publik

Tim gabungan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal, Selasa (31/3/2020). Sasaran penyemprotan di area publik seperti pasar, pertokoan, dan kantor. Kegiatan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Informasi yang diperoleh, penyemprotan massal dilakukan tim gabungan dari Polres Pekalongan, TNI, Damkar, BPBD, PMI, Rescue, Dinkes Kabupaten Pekalongan. Sebelum melakukan penyemprotan, tim secara simbolis dilepas oleh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda) Kabupaten Pekalongan. Target area publik pertama yakni Pasar Induk Kajen. Tim menyemprotkan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Disinfektan disemprot di berbagai penjuru pasar Kajen.

Setelah beberapa bagian tersemprot, tim melanjutkan penyemprotan secara massal ke Pasar Karanganyar. Sama seperti di Pasar Kajen, setelah tim menyemprotkan disinfektan di Pasar Karanganyar, tim melanjutkan tugas ke Pasar Kedungwuni, Wiradesa, dan Bojong. Tak hanya pasar, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kantor kecamatan, puskesmas, dan balai desa. Dalam melakukan penyemprotan, tim dikawal oleh mobil kepolisian.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko disela sela kegiatan menyampaikan, kegiatan penyemprotan disinfektan bekerjasama dengan Bupati, Dandim, Kepala Kejaksaan Negeri, ketua PN, Ketua Pengadilan Agama dan DPRD.

"Kami bersama-sama melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan. Tujuannya untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus covid- 19 atau virus Corona dan ini demi memutus rantai penyebaran virus Corona, " katanya.

Untuk sasaran, lanjut dia, pertama di tempat-tempat umum seperti di Pasar Kajen. Selain pasar juga di tempat-tempat pelayanan publik, seperti pertokoan, kemudian kantor kantor kecamatan. Selanjutnya Puskesmas, tempat balai desa.

"Setelah penyemprotan di wilayah Kajen kemudian dilanjutkan di area publik karanganyar, Wonopringgo, Kedungwuni, Wiradesa dan Bojong, " tandasnya.

Selain penyemprotan secara massal, pencegahan virus covid-19 juga dilakukan dalam pelayanan di Mapolres Pekalongan. Diantaranya mewajibkan pengunjung untuk disemprot disinfektan, cuci tangan dan juga menyediakan hand sanitizer. Kemudian secara rutin anggota juga melakukan patroli di tempat yang biasa dijadikan nongkrong oleh pemuda. "Anggota secara rutin melakukan patroli di sejumlah tempat," imbuhnya. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait