Perkuat Kepramukaan, Maksimalkan Peran Mabigus

Jumat 14-02-2020,15:00 WIB

MATERI - Tim pemateri tengah menyampaikan materi tentang orientasi Mabigus se Kecamatan Tirto.

TIRTO - Dalam rangka penguatan peran Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) se Kecamatan Tirto, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kawarran) Tirto melaksanakan kegiatan Orientasi Mabigus yang diikuti oleh seluruh kepala SD/MI dan SMP/MTs se Kecamatan Tirto. Kegiatan tersebut dilaksanakan bebarengan dengan Pesta Siaga tingkat Kwarran Tirto yang digelar di SD Negeri 01 dan 02 Silirejo, Sabtu (1/2/2020) lalu.

Kegiatan orientasi tersebut dilaksanakan sejak pagi hingga sore sekaligus sebagai wujud pendampingan bagi para peserta didik dan guru pembina yang tengah mengikuti seleksi Pesta Siaga.

Ketua Kwartir Ranting (Ka Kwarran) Tirto, Sadiyo SPd, menuturkan bahwa kegiatan orientasi tersebut merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan di lingkungan Gerakan Pramuka Kecamatan Tirto.

"Alhamdulillah kegiatan ini rutin kami lakukan. Tujuannya adalah untuk penguatan pendidikan kepramukaan kepada Ketua Mabigus yang dalam hal ini adalah Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah," tuturnya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Majelis Ranting (Kamabiran) atau Camat Tirto, Agus Dwi Nugroho SSTP. Melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap agar semangat gerakan pramuka akan terus terjaga di lingkungan Kecamatan Tirto khususnya di tiap-tiap Gugus Depan (Gudep).

"Karena pramuka ini kan memiliki banyak sekali nilai-nilai penting, sehingga harapannya anak-anak bahkan masyarakat dapat turut aktif dalam gerakan pramuka," tutur Agus.

Terlebih Kecamatan Tirto cukup dikenal sebagai kecamatan yang rutin mengirimkan wakilnya dalam berbagai gelaran kegiatan gerakan pramuka di tingkat cabang, daerah, maupun nasional. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait