Pertahankan Daging Sehat, Dinperpa Semprot RPH

Kamis 09-04-2020,15:00 WIB

DISINFEKSI - Petugas Dinperpa menyemprotkan cairan disinfektan di RPH milik Pemkot Pekalongan, kemarin (7/4/2020).

KOTA - Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng secara berkala melakukan Disinfeksi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Penyemprotan disinfektan tersebut sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan RPH sekaligus menjaga agar daging hewan ternak yang dipotong di RPH tetap sehat dan aman bagi masyarakat. "Dengan demikian masyarakat Kota Pekalongan tetap bisa meningkatkan konsumsi protein hewani untuk menjaga kesehatannya, tanpa perlu khawatir kalau daging hewan ini terpapar Covid-19. Disinfeksi akan dilakukan secara berkala di RPH Panjang Wetan dan RPH Kuripan," jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi, Selasa (7/4/2020).

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan hygiene sanitasi. Yakni, di kios penjualan daging, penjual dan pembeli juga melaksanakan prosedur kesehatan yang dianjurkan seperti memakai alat pelindung diri (masker) dan cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengolah daging, serta memasak daging dengan benar dan matang.

Mengenai kegiatan pemotongan hewan ternak di RPH milik Pemkot Pekalongan selama ada wabah Covid-19, menurut Ilena sampai saat ini belum mengalami penurunan. "Pemotongan hewan di RPH tidak mengalami penurunan bahkan data menunjukkan selama bulan Maret kemarin ada peningkatan pemotongan sapi di RPH Panjang Wetan sebesar 18 persen," ungkap Ilena. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait