Petugas PLN Berjibaku 24 Jam

Jumat 10-01-2020,14:10 WIB

**Atasi Jaringan Rusak Saat Musim Hujan

POHON TUMBANG - Pohon besar tumbang di ruas Kajen - Paninggaran, tepatnya di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, kemarin siang. Petugas BPBD, Bina Marga Provinsi Jateng, PMI, dan PLN bertindak cepat membersihkan pohon yang melintang di tengah jalur provinsi Kabupaten Pekalongan - Banjarnegara, sehingga arus lalu lintas kembali normal, kemarin sore.

KEDUNGWUNI - Petugas PLN area Kedungwuni berjibaku selama 24 jam untuk mengatasi jaringan listrik yang rusak saat musim hujan. Pasalnya, selama musim hujan banyak pohon tumbang menimpa jaringan listrik.

Manager Area PLN Kedungwuni, Rifki Ade Ardiansyah, kemarin, mengakui, selama musim ekstrem seperti saat ini banyak pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik PLN. Disebutkan, dalam satu malam saja pihaknya pernah mendapat laporan tujuh pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik PLN. Ketujuh pohon tumbang ini di antaranya tersebar di wilayah Kesesi, Lebakbarang, Doro, dan Kayugeritan. "Jika ada gangguan kita fokus ke penanganannya. Yang padam tujuh lokasi itu tuntas jam 3 pagi. Memang kerusakannya lumayan," kata dia.

Dikatakan, selama musim hujan, PLN juga aktif memberikan I imbauan-imbauan kepada masyarakat, baik melalui media sosial dan lainnya. "Saat memberikan surat pemberitahuan pemadaman ke desa, kami juga selalu melampirkan Imbauan-Imbauan untuk masyarakat," katanya.

Imbauan itu di antaranya agar tidak menanam pohon di bawah jaringan listrik, dan jika ada pohon yang dekat dengan jaringan bisa kontak PLN Kedungwuni untuk dibantu pemangkasannya. "Jika ada warga yang tengah melakukan kerja bakti kita juga bisa bantu terlibat di dalamnya," terang dia.

Dikatakan, saat musim hujan, personel PLN disiagakan selama 24 jam. Pihak PLN pun menyiagakan pos bantu yang siap turun jika tingkat kerusakan parah.

"Jika ada gangguan banyak akan ada spot bantu. Misalkan gangguan pohon menjatuhi jaringan dan kerusakannya parah, tim akan bergerak," katanya.Ditambahkan, di ULP Kedungwuni ada beberapa pos pelayanan untuk melayani gangguan jaringan. Di antaranya, kata dia, pos Lebakbarang, Kajen, Doro, Kedungwuni, dan pos Kandangserang. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait