PMI Kesulitan Cari Pendonor Darah

Senin 23-03-2020,17:15 WIB

DONOR DARAH - PMI Kota Pekalongan menggelar donor darah bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan di Ruang Amarta, Senin (23/3/2020). M. AINUL ATHO

KOTA - Adanya pembatasan kegiatan dalam rangka pencegahan dan antisipasi virus corona, juga berdampak pada kegiatan pengumpulan darah oleh PMI Kota Pekalongan. Sejak muncul surat edaran wali kota terkait larangan berkumpul, PMI membatalkan seluruh jadwal donor darah massal yang sebelumnya sudah teragendakan. Dampaknya, suplai darah ke PMI berkurang dan kini stok darah semakin menipis.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan, dr Ani Sri Rahayu mengungkapkan, sejak pembatasan kegiatan pihaknya hanya dapat mengumpulkan darah melalui pendonor sukarela yang diundang oleh PMI. "Kami berikan undangan pendonor sukarela yang datang bergiliran ke kantor. Tapi jumlahnya tidak signifikan," jelasnya saat ditemui dalam kegiatan donor darah di Ruang Amarta Setda Pekalongan, Senin (23/3/2020).

Untuk itu kegiatan donor darah yang digelar kali ini diharapkan dapat membantu PMI untuk menyediakan kebutuhan darah. Karena stok darah yang ada hanya mencukupi untuk kebutuhan sampai hari ini saja. "Hanya sampai Senin stoknya. Dari kegiatan ini ada 100 orang yang hadir. Semoga setidaknya bisa mencukupi untuk tiga hari selanjutnya," tambah Ani.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, lanjutnya, PMI bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan untuk dapat memfasilitasi kegiatan di ruangan yang cukup memadai serta memberikan imbauan kepada ASN untuk dapat berpartisipasi. Pihaknya juga menerapkan SOP yang sesuai dengan imbauan seperti menyediakan hand sanitizer serta membuat jarak pada tempat tunggu.

"Memang untuk rumah sakit sendiri saat ini juga dibatasi dalam kegiatan medis yang membutuhkan darah. Utamanya untuk kasus bedah yang tidak darurat. Kami juga berusaha untuk menjamin stok darah tapi jika kondisinya tidak memungkinkan biasanya ada donor pengganti dari pihak keluarga untuk tindakan medis yang membutuhkan donor darah," jelasnya.

Untuk itu pihaknya juga berharap kepada masyarakat dan pendonor sukarela untuk dapat mendonorkan darahnya di UDD PMI Kota Pekalongan untuk membantu memenuhi ketersediaan dan kebutuhan darah di Kota Pekalongan.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait