214 Peserta Ikuti Seleksi Perangkat Desa di Batang

Rabu 15-02-2023,12:45 WIB
Reporter : Novia Rochmawati

*Biaya Seleksi Ditanggung APBDes

 

BATANG - Pemkab Batang menggelar seleksi perangkat desa, mulai tanggal 13 sampai 23 Februari 2023. Total ada sekitar 214 masyarakat yang ikut seleksi dari 99 formasi yang tersedia. Untuk seleksi ini, biaya seleksi pun dibebankan ke APBDes, sebesar Rp800 ribu tiap peserta. 

 

"Tiap desanya ada yang 1 sampai 4 orang yang ikut seleksi. Di mana untuk seleksi tahun ini ada 53 desa yang ikut penyaringan perangkat, dengan total 99 formasi. Masing-masing desa wajib menganggarkan biaya penjaringan dan penyaringan ini melalui APBD yang ada di masing masing desa," ujar Kepala Dispermades Batang, Rusmanto, Selasa (14/2/2023).

 

Untuk menjaga independensi hasil seleksi, Pemkab Batang bekerja sama dengan STMIK Widya Pratama Pekalongan. Di mana untuk pelaksanaan tes berupa tes CAT dan wawancara dilaksanakan di sana. Kerja sama ini pun sudah dijalankan mulai tahun 2019 hingga 2024 mendatang. 

 

"Untuk persyaratan umur peserta mulai dari 20 sampai 42 tahun. Meski begitu memang rata-rata berada di usia 25 sampai 30an. Tapi ada juga yang sudah senior," imbuh Rusmanto. 

 

Humas STMIK Widya Pratama Pekalongan, Hari Agung B menjelaskan, kerjasama penyelenggaraan seleksi perangkat desa ini sudah dilakukan kedua kalinya. Untuk tes saat ini pun ada beberapa penambahan materi, seperti materi Tes Wawasan Kebangsaan dan juga pengetahuan terkait Kepemiluan. 

 

"Kerja sama ini memang diharapkan bisa meningkatkan independensi dari hasil seleksi ini. Sehingga hasilnya bisa lebih fair," pungkasnya. (nov)

 

 

Kategori :