PKB Batang Bertekad Pertahankan Kemenangan, Targetken Peroleh 12 Kursi Pada Pileg Mendatang

Sabtu 13-05-2023,17:51 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

BATANG - Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Kabupaten Batang bertekad untuk mempertahankan kemenang pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Untuk mencapai target tersebut, PKB mentargetkan memperoleh 12 kursi di DPRD Kabupaten Batang pada Pileg mendatang. Jumlah tersebut naik dua kursi dari perolehan Pileg 2019 lalu.

"Kita bertekad PKB kembali menang di Kabupaten Batang pada Pileg mendatang. Untuk itu, kita sudah menyiapkan caleg-caleg yang siap bertarung pada Pileg mendatang," ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Batang, H Fauzi Fallas disela-sela pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU setempat, Sabtu 13 Mei 2023.

Dijelaskan, untuk Pileg mendatang, PKB Batang mendaftarkan 45 orang ke KPU. Dari jumlah tersebut, 13 diantaranya perempuan untuk memenuhi persyaratan kuota 30 persen . 

"Para caleg tersebut sudah kita persiapkan segala sesuatunya untuk nantinya bisa bertarung pada Pileg 2024 yang kurang 8 bulan lagi. Harapan kita selalu partai yang Pileg lalu jadi pemenang, kita harus bisa mempertahankannya. Dan target kita, jika Pileg lalu 10 kursi, maka Pileg mendatang menjadi 12 kursi, dan itu sudah jadi pemenang," jelas Fauzi Fallas.

Dari daftar Bacaleg yang diajukan PKB, 9 diantaranya merupakan incumben yang saat ini masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Batang. Namun ada satu orang memilih untuk 'istirahat' dan fokus pada usahanya,  namun pada Pileg berikut akan kembali mencalonkan diri. 

"Kita juga menyiapkan caleg dari kalangan milenial, diantaranya baru lulus S1. Insyaallah Caleg yang kita ajukan sudah siap semua, dan target kita juga bisa terpenuhi," tandasnya.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PKB Batang, Maulana Yusuf menambah, untuk mempertahankan kemenangan, sejumlah strategi telah disiapkan.


Ketua Bapilu DPC PKB Batang berfoto dengan sejumlah pengurus saat akan mendaftarkan Bacalegnya ke KPU.-Dony Widyo -

"Kita sudah memperhitungkan kualitas para caleg sejak perekrutan awal, karena sebelumnya sudah kita saring. Strateginya kita juga memprioritaskan caleg yang mempunyai jaringan lebih luas di masyarakat yang lebih diprioritaskan," beber Maulana Yusuf.

Dengan segala persiapkan yang sudah dilakukan, DPC PKB Batang otimis target 12 kursi parlemen bisa diraih. Apalagi sudah ada sejumlah caleg yang dipersiapkan untuk menggarap potensi suara di luar basis massa yang dimiliki PKB selama ini.

"Untuk PKB sendiri sudan memiliki basis massa tetap dari kalangan Nahdliyyin. Namun tidak menutup kemungkinan kita akan ekspansi ke luar wilayah dari basis hijau, dan sudah ada caleg yang dipersiapkan untuk menggarap 'di luar hijau'," tandas Maulana Yusuf. (don)

Kategori :