Tiga Desa Dukung Gringsing jadi Sentra Semangka Batang

Rabu 17-05-2023,13:30 WIB
Reporter : Novia Rochmawati

*Sanggup Panen 32 Ton Per Hektar

 

BATANG - Tiga desa di Kecamatan Gringsing siap mendukung Gringsing Jadi Sentra Semangka Batang. Hal ini dibuktikan dengan adanya capaian panen semangka hingga 32 ton per hektar. 

 

Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Gringsing, M Ariesna P, menyebut saat ini di Gringsing ada kurang lebih 200 hektar kebun semangka. Dimana biasanya bisa panen mulai dari bulan Februari hingga Mei. 

 

"Biasanya awal tahun mulai tanam, dan bisa dipanen mulai Februari hingga Mei. Alhamdulillah semangka di sini juga banyak yang kualitasnya super, baik yang kuning dan merah. Di festival kemarin yang paling berat bisa 12 kilogram," ujarya. 

 

Saat ini ada sekitar 472 petani yang membudidayakan semangka. Dimana kebanyakan berasal dari Desa Sidorejo, Yosorejo dan Krengseng. Dimana luasan lahan total mencapai 1.800 hektare. 

 

“Sementara ini yang sudah berjalan baik ada di luasan lahan 200 hektar. Produksi buah semangka setiap panen berkisar 25 ton hingga 32 ton per hektar,” terangnya.

 

Pemasaran buah semangka di Kecamatan Gringsing dan biasanya pembeli datang sendiri untuk di pasarkan beberapa pasar induk di Jawa Tengah.

 

“Semoga panennya buah semangka dengan kualitas bagus di Kabupaten Batang ke depan bisa didukung oleh Pemerintah Daerah untuk dipromosikan sebagai sentra semangka batang,” tandasnya. (nov)

Kategori :