Jalan Desa Rusak, Warga Ngadu ke Dewan

Selasa 26-11-2019,17:30 WIB

AUDIENSI - Sejumlah masyarakat dan Pemerintah Desa Kalipucang Kulon menggelar audiensi dengan Fraksi PKB dan Komisi D, DPRD Kabupaten Batang, Senin (25/11).

BATANG - Sejumlah masyarakat dan Pemerintah Desa Kalipucang Kulon, Senin (25/11) kemarin mendatangi gedung DPRD Kabupaten Batang. Kedatangan mereka untuk meminta perbaikan jalan penghubung antar desa yang saat ini kondisinya sudah rusak parah.

"Kondisi jalan Desa Kalipucang Kulon sepanjang 1 kilometer ini sudah rusak parah. Sudah lama kondisi jalan ini dibiarkan begitu saja, tanpa tersentuh bantuan," ungkap Karnoto, perwakilan Pemerintah Desa.

Ia mengatakan, sejak tahun 1999, jalan milik kabupaten tersebut belum pernah tersentuh oleh kegiatan perbaikan jalan. "Sejak 1999 sampai sekarang, belum ada perbaikan jalan. Kalaupun ada, itu hanya proses penyemiran, dan itu hanya satu kali saja," terangnya.

Menurutnya, Pemkab maupun DPRD Batang menganggap bahwa status jalan tersebut milik desa.

"Sehingga, sangat jarang tersentuh oleh bantuan. Terakhir, bantuan penyemiran jalan itu dilakukan pada tahun 2015 silam," katanya.

Sementara itu, Kukuh Fajar Rhomadon selaku Ketua Fraksi PKB yang memimpin jalannya audiensi mengungkapkan, pihaknya akan mendorong Pemkab Batang untuk melakukan perbaikan jalan di Desa Kalipucang Kulon. "Kami sudah meminta Komisi D untuk memberikan perhatian atas aspirasi yang disampaikan masyarakat Kalipucang Kulon ini," ucapnya.

Menurut Kukuh, anggaran perbaikan jalan sepanjang 1 kilomoter tersebut ditaksir mencapai 1 miliar rupiah. "Berhubung anggaran 2020 mendatang sudah digedok, maka kami hanya bisa menjanjikan tahun 2020 mendatang proses perbaikan hanya sebatas penyemiran saja. Selanjutnya, jika anggaran sudah ada, maka pada tahun 2021 nanti bisa dilakukan proses rehab total jalan," pungkasnya. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait