Jangan Menyerah, Berikut 4 Tips Agar Kamu Kuat Menghadapi Kenyataan

Sabtu 19-08-2023,11:03 WIB
Reporter : Elif Hudayana
Editor : Elif Hudayana

Atur ulang rencana dan belajar dari kesalahan atau kegagalan sebelumnya. Pun jika hal itu bukan termasuk sebuah tujuan hidup, misalnya kehilangan seseorang yang kamu sayangi, maka atur mindset bahwa kamu bisa melewatinya dengan baik.

Kamu harus kembali menjalani hari dengan baik, kuat, dan bersemangat. Dengan begitu, sekalipun kamu merasa hidup tidak sesuai dengan harapan, kamu akan terus melakukan yang terbaik dalam hidupmu.

Tidak lagi merasa benci dengan takdir, mempertanyakan kegagalan, atau marah dengan kehidupan. Sebaliknya, kamu justru bersemangat menjalani lembaran baru dan berusaha sebaik mungkin untuk melewati tantangan berikutnya.

4. Jadilah Adaptif

Langkah terakhir yang bisa dilakukan kemudian adalah kembali ke dunia nyata dan berhenti menyesali semuanya dengan bersikap adaptif. Merasa hidup tidak sesuai dengan harapan bukan berarti dunia berakhir, justru mencoba ulang dan kembali menyesuaikan diri dengan kondisi baru.

Dunia akan terus berjalan bagaimana pun keadaanmu. Itu berarti kamu perlu menyesuaikan diri dengan keadaan dan kembali berjalan dengan segala hal yang sudah terjadi. Menjadi lebih kuat menjalani hidup dengan bersikap adaptif, maka risiko stres bisa diminimalisir. 

Bisa jadi, kamu justru akan banyak menemukan hal baru pada chapter selanjutnya di hidupmu. Jadi jangan menyerah dan terlalu bersedih, ya. Kita hanya perlu bertahan dan mencoba yang terbaik. (*)

Kategori :