Jelang Pemilu, Disdukcapil Kebut Jemput Bola KTP-el

Selasa 26-02-2019,19:25 WIB

BATANG - Jelang pesta demokrasi 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang memperbanyak kegiatan jemput bola perekaman KTP-el. Dari bulan ini hingga mendekati hari pemilu, Disdukcapil sudah mengagendakan 22 kali jemput bola.

Disdukcapil Batang saat menggelar kegiatan jemput bola untuk melakukan perekaman data KTP-el. NOVIA ROCHMAWATI

Rencananya, jumlah kegiatan tersebut sudah mampu mengcover perekaman wajib KTP-el yang kini menyisakan sekitar 2 ribuan warga yang belum rekam

"Di Batang sendiri ada sekitar 2.614 wajib KTP el yang belum melakukan perekaman. Dan insya allah bisa tercover dibantu dengan perekaman rutin di kecamatan," terang Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Batang, M Sholeh, saat diwawancarai Senin (25/2) kemarin.

Dijelaskan, saat ini Disdukcapil tengah disibukkan dengan jemput bola ke beberpa desa yang ada di Kabupaten Batang. Dari jemput bola itu, pihaknya menyasar sekitar 1.300an warga. Sementara sisanya akan dibantu dengan perekaman KTP-el di tingkat kecamatan.

"Alhamdulillah, kalau untuk perekaman wajib KTP-el sampai Pemilu mendatang sudah hampir 100 persen. Tapi memang untuk wujud fisiknya belum bisa segera diberikan karena ketersediaan blangko," imbuhnya.

Sesui jadwal, hari ini pihaknya akan menggelar jemput bola di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing, disusul jadwal selanjutnya di Desa Lebo Gringsing. Kemudian dilanjutkan beberapa desa di Subah, Tulis, Warungasem, Pecalungan, dan Reban.

Ke depan pihaknya berharap agar pembuatan KTP-el bisa dilakukan lebih cepat. Caranya, setiap melakukan permohonan KTP bisa langsung jadi dan diserahkan ke masyarakat. Hanya saja memang hal tersebut perlu didukung dengan stok kesediaan blangko. "memang kuncinya ketersediaan blangko yang memadai. Ke depan kami harap bisa terealisasi," tandasnya. (Nov)

Tags :
Kategori :

Terkait