Wajib Coba Nih! 6 Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

Senin 16-10-2023,18:50 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Ada banyak jus penurun darah tinggi yang memiliki rasa yang lezat dapat kalian coba. Beberapa jus lezat tersebut terbuat dari buah yang digemari banyak orang.

Penasaran apa saja jenis jus penurun darah tinggi tersebut? Berikut ini informasinya untuk kalian semua.

1. Jus Pisang

Siapa yang tidak suka mengonsumsi pisang? Sebagian masyarakat, terutama masyarakat Indonesia menjadikan buah pisang buah favorit untuk dinikmati.

Nah, selain dimakan langsung, buah pisang ini juga dapat diolah menjadi jus manis yang menyegarkan. Selain menyegarkan jus pisang ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai obat penurun darah tinggi.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

Hal ini didapatnya dari kandungan kalium yang dimiliki pisang yang mana dibutuhkan oleh penderita hipertensi.

Bagi kalian yang tidak menyukai jus pisang, kalian juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi pisang sebagai camilan sehat atau campuran pada sereal sarapan.

2. Jus Belimbing

Jus penurun darah tinggi yang kedua adalah jus belimbing. Buah belimbing yang memiliki rasa manis menyegarkan ini sangat bermanfaat untuk tekanan darah tinggi, karena buah ini mengandung kandungan serar, fosfor, kalium, dan Vitamin C.

Kalium yang ada di dalam buah belimbin ini dapat menjaga kestabilan elektrolit tubuh, serta melonggarkan pembuluh darah. Kondisi inilah yang mampu membantu tekanan darah tinggi menjadi normal.

BACA JUGA:6 Jus Buah Penambah Energi Tinggi Vitamin untuk Badan yang Sering Lemas dan Lesu

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

Bahkan, berdasarkan penelitian Dietary Approachesto Stop Hypertension atau DASH menyatakan bahwa untuk menurunkan tekanan darah, sangat dianjurkan bagi kalian para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalium dan serat.

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi, buah belimbing ini juga memiliki efek diuretik yang dapat memperlancar air seni yang mana dapat mengurangi beban kerja jantung.

3. Jus Nanas

Jus penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah jus nanas. Buah nanas bukanlah buah sembarang buah, sebab buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat dari buah nanas ini adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, buah ini mengandung kalium yang berperan dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

BACA JUGA:10 Buah untuk Badan Lemas dan Pusing yang Sayang Dilewatkan!

Melansir dari Healthline, buah nanas ini kaya akan serat, mineral, dan rendah gula. Sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes militus. Tidak hanya kaya akan serat, mineral, dan rendah gula, buah nanas ini juga mengandung bromelin yang mana berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes.

Menariknya, alih-alih dikonsumsi secara langsung, kalian bisa mengolah nanas menjadi jus yang lezat dan menyegarkan.

4. Jus Semangka

Tidak hanya nanas, semangka juga menjadi pilihan yang terpat untuk diolah menjadi jus penurun darah tinggi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menyatakan bahwa buah yang memiliki rasa manis menyegarkan ini dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

BACA JUGA:10+ Suplemen Vitamin Alami dari Buah-buahan untuk Badan Lemas dan Lesu, Aman dan Sehat Bagi Tubuh

BACA JUGA:Catat Ya! 7 Jenis Buah untuk Mencegah Flu Beserta Manfaat dan Kandungan Lainnya

5. Jus Delima Merah

Sebagai salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat dari buah delima merah ini adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Hal ini dikarenakan, buah delima ini mengandung Folat dan Vitamin C yan berperan penting dalam kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, buah delima merah ini juga memiliki efek anti inflamasi yang kuat.  

Selain dikonsumsi secara langsung atau dijadikan campuran salad buah, buah delima merah ini juga dapat kalian olah menjadi jus bebas gula yang menyegarkan dan rasa manis yang khas.

6. Jus Kiwi

Jus penurun darah tinggi yang terakhir adalah jus kiwi. Kiwi sendiri merupakan salah satu jenis buah yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium, serat, Vitamin C, dan antioksidan.

BACA JUGA:Tinggi Multivitamin, 9 Minuman yang Tepat untuk Badan Lesu dan Suka Ngantuk di Kantor

BACA JUGA:Tubuhmu Sering Sakit? Ini Dia 7 Minuman untuk Mengatasi Badan Lemas dan Capek

Kandungan tersebutlah yang dipercaya mampu memperlambat laju penyerapan glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, buah kiwi ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes militus dan hipertensi.

Sama seperti jus buah di atas, kalian bisa mengolah buah kiwi ini menjadi jus yang lezat dan menyegarkan.(*)

Kategori :