Jangan Dibuang, Ketahuilah 6 Manfaat Kulit Jeruk Peras Ini Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Selasa 17-10-2023,10:30 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

4. Mencegah diabetes

Selain kolestrol, kandungan pektin pada kulit jeruk peras juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, ini dikarenakan pektin dapat mengikat asam empedu. Tentu mengkonsumsi kulitnya ini sangat baik untuk para penderita diabetes, apalagi yang ingin menjaklankan program diet.

5. Menyehatkan organ pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada kulit jeruk peras, ternyata bagus untuk melancarkan pencernaan. Selain itu juga dapat mencegah iritasi pada perut atau usus, terhindar dari kembung dan juga sembelit.

6. Menurunkan berat badan 

Manfaat kulit jeruk peras yang terakhir adalah menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Hal ini karena kulit jeruk mengandung senyawa flavon yang dapat memperkecil ukuran sel pada lemak, menurunkan berat serta kandungan lemak pada tubuh, dan tentunya berat badanpun ikut turun. 

Jadi cocok nih jika kamu melakukan diet dengan kulit jeruk peras ini. Tidak hanya buahnya saja yang baik dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Cukup Mudah dan Efektif, Diet Alami Mengecilkan Perut dengan Jahe dan Jeruk Nipis

BACA JUGA:Tips Diet: Cara Mengecilkan Perut pada Wanita dengan 5 Makanan Sehat Ini, Berhasil dalam 2 Minggu

Nah itu tadi beberapa manfaat kulit jeruk peras yang perlu kamu tahu. Lalu bagaimana cara untuk mengkonsumsinya agar lebih enak, sebab kulitnya ini memiliki rasa yang pahit jika dimakan langsung.

Cara Penyajian Kulit Jeruk Peras untuk Diet

  1. Cuci bersih kulit jeruk peras dan potong menjadi bagian yang lebih kecil
  2. Siapkan air rebusan, rebus kulit jeruk pada air mendidih selama kurang lebih 5 menit
  3. Bisa bubuhkan bubuk kayu manis agar aromanya lebih wangi, lalu aduk
  4. Tuangkan air rebusan tadi ke dalam gelas
  5. Bisa tambahkan madu atau pemanis alami lain yang aman dan siap dinikmati

Untuk mengkonsumsinya cukup sekali sehari saja, konsumsi jumlahnya secukupnya saja. Sebab kulit jeruk nipis ini juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. 

Untuk informasi lebih lanjut sebelum memulai diet menurunkan berat badan, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu ke profesional seperti dokter atau ahli gizi. 

Semoga informasi seputar manfaat kulit jeruk nipis ini dapat bermanfaat. Tetap pastikan jaga kesehatanmu selama diet dengan mekan makanan bergizi, pola makn yang baik, istirahat yang teratur, dan rutin berolahraga. (*)

BACA JUGA:Diet Tanpa Nyiksa, Inilah Tips Diet agar Tetap Konsisten Bagi Pemula

Kategori :