Bukan Abal-abal! 6 Cara Mudah Merawat Lavender untuk Pemula, Tips Ini Jarang Diketahui

Selasa 24-10-2023,05:15 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Hilman Muhammad

Idealnya, pH tanah pada lavender mencapai level anatar 6.7 sampai 7.3.Hal ini kamu pastikan supaya tanaman lavender cepat  berbunga dan  tumbuh  subur.

Kalian juga bisa menambah  penambah  perasan jeruk  pada tanah sekitar 60-90 ml. Ini bisa menambah kadar alkali. 

Jika cara yang demikian susah, kamu bisa menaruh batu kerikil maupun pasir dalam pot untuk menjaga agar tanah selalu kering dan tidak lembap.

3. Memberi Pupuk 

Tentunya, memberikan pupuk pada tanaman lavander adalah cara agar lavender tumbuh subur. Umumnya, tanaman lain juga seperti itu.

Proses pertumbuhan tanaman lavender mengharuskan kamu memberi pupuk secara rutin  setiap 2 minggu sekali.

Bagi kalian pemula yang masih belum paham tentang campuran pupuk terbaik, kamu dapat memberinya pupuk khusus untuk tanaman hias. Biasanya, pupuk ini diperjualbelikan di toko tanaman atau sejenisnya.

4. Sinar Matahari

Apabila kamu meletakkan lavender di pot, cukup taruh di dekat jendela atau tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup.

Selain itu, sesekali putar potnya demi mendapatkan sinar matahari yang merata pada lavender. tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini supaya tanaman lavender tetap tumbuh dan berbunga.

5. Suhu Tanaman

Langkah ini cukup kamu perhatikan betul-betul. Pastikan kamu memperhatikan temperatur lavender agar mampu tumbuh dengan baik.

Kira-kira temperatur yang dibutuhkan pada lavender berkisar 18-30 derajat celsius. Hindari dalam meletakkan lavender yang berada di bawah suhu 15 derajat celsius.

6. Penyiraman Teratur

Cara mudah merawat lavender untuk pemula yang terakhir dengan proses penyiraman yang teratur. Waktu terbaik dalam memberikan air yaitu pagi dan sore hari.

Berikan air pada tanaman lavender dengan takaran yang pas dan tidak boleh kurang atau lebih. Bisa saja berakibat fatal  untuk pemberian air yang tidak pas pada tanaman sehingga beresiko cepat layu.

Kategori :