Dijamin Berhasil, Inilah Cara Membesarkan Anak Ayam, Buktikan Sendiri!

Rabu 25-10-2023,05:15 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN – Tertarik memelihara ayam di rumah, namun belum tahu bagaimana cara membesarkan anak ayam agar tumbuh sehat dan tidak cepat mati ? Simak artikel ini sampai habis 

Salah satu cara memelihara anak ayam adalah dengan memberi pakan secara rutin, namun juga harus memperhatikan kondisi kandangnya.

Melalui artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana sih cara membesarkan anak ayam agar cepat besar dan tidak cepat mati, simak sampai selesai ya guys.

BACA JUGA: Kamu Harus Punya, Inilah Manfaat Memelihara Kucing di Rumah, Lebih dari Sekedar Hewan peliharaan!

Memilih pakan yang tepat

Cara membesarkan anak ayam pertama yang harus kamu lakukan adalah, memilih pakan ayam yang tepat, pakan merupakan salah satu faktor dalam memelihara ayam agar tetap sehat.

Jika kamu baru pertama kali memelihara ayam berumur 0 sampai 1,5 bulan, usahakan untuk memberi dengan pakan murni tanpa campuran.

Kamu bisa memberikan pur 591, kemudian jika ayam sudah berusia 1,5 bulan, kamu sudah bisa mencampurkan pakannya dengan campuran nasi.

Kamu bisa menggunakan nasi hangat ataupun nasi dingin, keduanya sama-sama bergizi, namun disarankan untuk memakai nasi hangat.

BACA JUGA: Tertarik Punya? 5 Jenis Burung Hantu yang Bisa Dipelihara dan Populer di Tahun 2023

Ternyata tidak cukup memberikan pakan yang tepat saja, namun juga posisi kandang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pertumbuhan ayam.

Usahakan jika kamu membuat kandang, sebaiknya kandang ayam tersebut terkena sinar matahari, agar ayam tetap terjaga kehangatannya.

Sebab jika kehangatan ayam terjaga, ini akan membantu proses pertumbuhan mereka, dan menjadikannya lebih sehat dan terjaga.

Kalaupun mau menggunakan lampu untuk penghangat tambahan, usahakan tidak menyinarinya sepanjang hari, karena lebih baik dari paparan sinar matahari bukan sinar lampu.

BACA JUGA: Pecinta Owl Sudah Tahu Belum? 6 Jenis Burung Hantu di Indonesia Yang Memiliki Keunikan Masing-Masing

Memisahkan anakan dari indukan

Ketika ayam sudah berumur satu hari, kamu bisa langsung memisahkannya dengan indukan, dan memasukannya ke dalam kandang khusus untuk anak ayam.

Usahakan kandang untuk anak ayam ini menghadap ke matahari pagi dan sore, dengan cara inilah pertumbuhan anak ayam akan semakin cepat dan bisa lebih sehat.

BACA JUGA: Wajib Tau! Inilah 5 Jenis Burung Hantu yang Dilindungi di Dalam dan Luar Negeri

Kategori :