7 Obat Cantengan Alami yang Ampuh, Mudah dan Hanya Andalkan Ramuan Tradisional

Kamis 26-10-2023,16:05 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Ini dia obat cantengan alami yang membantu penyembuhan secara efektif sehingga jempol kakimu kembali nyaman berkat ramuan herbal dan ramuan tradisional.

Cantengan adalah sebutan untuk jari kaki yang meradang yang disebabkan oleh kuku yang tumbuh bergesekan dengan kulit dan melukai tepi kulit. Biasanya terjadi pada jempol kaki.

Jari-jari yang mengalami cantengan biasanya terlihat merah dan bahkan bernanah. Hal ini dapat dipicu oleh kebiasaan mencungkil kotoran pada kuku kaki.

Selain itu, cantengan juga bisa terjadi karena kecelakaan kecil seperti tersandung atau memakai sepatu yang terlalu sempit. Daripada menggunakan obat atau salep, kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami. 

BACA JUGA:Inilah Daftar Obat Pilek Anak Terbaik, Flu Hilang, Ibu Tenang

Obat Cantengan Alami dan Tradisional

Cantengan harus segera diobati karena membuat tidak nyaman beraktivitas bahkan tidur. Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat mengobati cantengan di kaki:

1. Rendam Air Hangat

Merendam kaki di dalam air hangat dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Kamu bisa merendam kakimu 3-4 kali sehari.

Caranya, campurkan sesendok garam ke dalam air hangat dan rendam kaki selama 15 hingga 20 menit.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada kaki dan menyembuhkan sariawan.

2. Cuka Apel

Cuka apel dapat menjadi salah satu pilihan untuk menyembuhkan sariawan karena mengandung antimikroba dan antibakteri alami.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cuka sari apel pada kulit dengan kapas.

3. Baking Soda

Kategori :