Dukung Kesehatan Lansia, 7 Vitamin Sehat dan Terbaik ini Wajib Dikonsumsi

Kamis 02-11-2023,01:25 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Usia yang semakin menua sebanding dengan turunnya fungsi organ tubuh. Maka penting untuk mengonsumsi vitamin sehat dan terbaik agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Usia yang sudah memasuki setengah abad tentu saja tak lagi bisa ditopang dengan tubuh yang kuat. Untuk itu agar bisa mempertahankan kesehatan dan kekuatan tubuh, upaya lebih pun perlu dilakukan. 

Tapi tenang saja, ada cara cukup mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh di usia senja, yaitu mempertimbangkan apa yang dikonsumsi. Sebab apa yang dikonsumsi inilah yang membuat tubuh jadi lebih sehat. 

BACA JUGA:Mampu Jaga Tulang Agar Tetap Kuat! Inilah 6 Merk Susu untuk Lansia

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu! Ini Dia Cara Mencegah Osteoporosis sejak Dini, Hindari Selagi Bisa!

Bagi lansia usia 60-an tahun akan muncul berbagai macam penyakit akibat efek penuaan fisik. Bisa saja gangguan kognitif,  kanker, daya penglihatan dan sebagainya. 

Vitamin sehat dan terbaik wajib dikonsumsi agar tubuh lansia tetap bugar. Jadi meskipun fungsi organ telah menurun, namun secara umum kebugaran tubuh bisa tetap dijaga.

Jadi, apa saja rekomendasi vitamin yang sehat dikonsumsi oleh para lansia? Inilah penjelasan lengkapnya. 

1. Vitamin A

Salah satu vitamin sehat dan terbaik yang bisa dikonsumi oleh lansia adalah bisa mencegah daya penglihatan. Tujuan mengonsumsi vitamin A ini agar mata tetap sehat. 

Untuk lansia pria membutuhkan 900 mikrogram dan 700 mikrogram diperuntukkan lansia wanita. Hal ini agar dapat meningkatkan kesehatan tubuh lansia. 

Namun khusus penderita osteoporosis agar tidak mengonsumsi vitamin A lebih dari 1,5 mg. Tidak disarankan mengonsumsi sampai lebih dari jumlah tersebut. 

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks juga bisa diandalkan untuk kesehatan lansia. Secara umum melansir dari National Health Service, ada beberapa manfaat vitamin B ini. 

Vitamin B1 atau Thiamin ini berfungsi mengolah makanan jadi energi. Vitamin B2 berfungsi sebagai pemroses makanan jadi energi dan menjaga kesehatan mata, kulit dan kulit. 

Kategori :