Kasus DB Melonjak, Persediaan Darah Menipis

Kamis 16-04-2020,18:21 WIB

*PMI Ajak Masyarakat Donor Darah

MENIPIS - Stok darah di PMI Kabupaten Batang saat ini tengah menipis. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Meningkatnya kasus Demam Berdarah di Batang turut mempengaruhi naiknya permintaan darah. Meski begitu saat ini stok darah di PMI terbilang menipis. Pasalnya per Kamis, (16/4/2020), stok darah untuk golongan A dan AB masih menipis. Dimana hanya ada 2 stok darah A dan 5 stok darah AB.

"Sebenarnya ini juga dipengaruhi banyak faktor. Tetapi saat ini memang permintaan darah memang meningkat apalagi dengan banyaknya kasus DB. Selain itu di masa pandemi Covid-19 ini sementara UDD hanya menerima donor darah di kantor saja. Sehingga kami harap masyarakat untuk bisa mendonorkan darahnya langsung ke UDD," jelas Ketua PMI Batang Achmad Taufiq, melalui Humas PMI, Iqbal.

Dijelaskan, menurutnya permintaan darah saat ini mengalami peningkatan. Tak hanya wholel blood (darah lengkap), tapi Trombosite Concentrate (trombosit), serta Packed Red Cell (Darah Merah Pekat). Terlebih untuk trombosit dan darah merah pekat ini ketahanannya tidak setahan lama darah lengkap. Sehingga diperlukan stok darah baru tiap harinya untuk menjaga stok.

Untuk itu pihaknya juga masih melakukan donor darah bekerja sama dengan TNI, Polri dan ASN Pemda Batang. Pihaknya melakukan donor darah bergilir sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu pihaknya juga berupaya mengajak masyarakat untuk donor darah melalui berbagai media, seperti media sosial.

"Kami sudah bekerjasama sama dengan TNI, Polri dan ASN Pemkab Batang. Sudah berjalan dari awal bulan lalu. Dan kami harapkan masyarakat lainnya juga bisa turut serta mendonorkan darah mereka. Karena saat ini Permintaan darah semakin meningkat," harapnya. (Nov)

STOK DARAH UDD PMI BATANG

PER KAMIS (16/4/2020)

GOL DARAH A B O AB

Darah Lengkap 2 16 51 5

Trombosit 3 4 4 1

Darah Merah Pekat. 2 10 1 1

Tags :
Kategori :

Terkait