Wajib Tahu! Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar yang Mudah dan Sederhana

Jumat 17-11-2023,06:00 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kalian juga perlu meminum air mineral dengan takaran kurang lebih 2 liter/hari. Dengan meminum air mineral ini cairan dalan tubuh akan terpenuhi.

Selain itu, air mineral juga bisa mendetox atau mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Selain itu tubuh yang tercukupi cairan juga dapat membantu mata menjadi lembap.

3. Kelola Streas

Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar yang dapat diikuti semua kalangan yang selanjutnya adalah mengelola stres. Mengapa mengelola stres dapat menjaga kesehatan tubuh?

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa stres terbukti dapat melemahkan sistem imun. Sehingga tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, baik itu melalui virus, bakteri, maupun jamur.

BACA JUGA:Bunda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Selama Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit

BACA JUGA:Jaga Tubuh Tetap Sehat di Masa Tua, Ini Dia Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Lansia

Ketika kalian mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol sebagai penyedia energi. Namun, jika kortisol ini dilepaskan terus menerus dalam jangka waktu panjang, kinerja tubuh justru akan melemah dan menurun.

Sementara itu, terdapat berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengelola stres, contohnya melakukan hobi, meditasi, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

4. Menjaga Kebersihan

Salah satu cara yang paling penting saat musim hujan tiba adalah selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri sendiri maupuan kebersihan lingkungan.

Untuk kebersihan diri tentunya kalian perlu mencuci tangan setelah bermain di luar ruangan dan sebelum atau setelah melakukan sesuatu. Sedangkan dengan pola hidup sehat yakni dengan tutup mulut dan hidung saat bersih.

Tidak hanya itu saja, kalianjuga perlu menutup genangan air. Karena genangan air dapat menjadi sarangnya rumah nyamuk Aedes yang dapat menyebabkan demam berdarah.

BACA JUGA:Inilah 2 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Yuk Terapkan!

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Dia 4 Cara Menyembuhkan Mata Minus Menurut Islam, Yuk Segera Obati Mata Minusmu

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Kategori :