Dijamin Efektif, Inilah Cara Menghafal dengan Cepat

Rabu 29-11-2023,10:39 WIB
Reporter : malikha
Editor : Dony Widyo

Berikut triknya

a. Siapkan kertas yang buat corat-coret.

Utamakan kertas polos ya supaya Kamu dapat leluasa berimajinasi. Kedua, pasti pensil ataupun spidol warna-warni supaya tampilannya lebih menarik!

b. Sehabis seluruh telah siap, mulai mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah taman Dari sana baru mulai meningkatkan jadi subtopik yang berkaitan diiringi turunannya.

Misalnya, kalian lagi belajar IPA, kemudian topik utamanya merupakan metode tumbuh makhluk hidup. Ini berarti subtopiknya dibagi generatif serta vegetatif. Turunan buat vegetatif misalnya tanaman serta hewan, seterusnya.

c. Upayakan buat memakai satu kata ataupun frase buat tiap subtopik ataupun turunannya ya, buat mempermudah kalian mengingat.

 Bila kalian memakai kata yang sangat panjang ataupun rumit, pasti hendak membatasi Kamu buat menghafalnya bukan?

d. Tambahkan ilustrasi simpel biar mind map-mu lebih seru! Jangan kurang ingat pakai warna yang berbeda buat tiap garis subtopik, supaya lebih menarik secara visual.

Terus menjadi berkreasi, terus menjadi menarik mind map mu!

3. Metode jembatan Keledai

Metode ini bisa jadi telah diterapkan oleh banyak pelajar saat menghafal sesuatu sebutan asing yang susah diingat. Jembatan keledai memanglah populer membantu otak mengingat dengan metode yang lebih fun.

Menurut Adolescent Literacy Organization, dalam perkembangannya, jembatan keledai juga menggunakan foto serta objek lain seperti tangan yang selanjutnya diketahui bernama mnemonic visual.

Salah satu contoh pelaksanaan metode ini adalah dengan mengambil huruf awal dari tiap kata dalam frasa yang mau dihafalkan. Setelah itu bentuk kumpulan huruf awal tadi jadi kata ataupun kalimat baru.

Seperti contoh yaitu urutan warna pelangi, ialah mejikuhibiu yang mempunyai kepanjangan merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu. Tidak hanya itu, pelaksanaan metode ini pula dapat dilihat pada dikala kita berupaya menghafalkan tabel periodik.

Contoh lain, kamu akan menghafal nama-nama bintang sangat cerah tidak hanya matahari, ialah Sirius, Canopus, Arcturus, Alpha Centauri A, serta Rigel.

Supaya lebih mempermudah kamu untuk mengingat, ambil huruf dini dari nama-nama tersebut buat dijadikan kata-kata baru yang lebih sering di dengar misalnya Sarah cinta Angga apapun rintangannya.Buat poin penting.

Kategori :