Kemarau Panjang, Siswa Sholat Istisqo

Rabu 02-10-2019,13:45 WIB

*SMK Muhammadiyah Kesesi

KESESI - SMK Muhammadiyah Kesesi mengajak seluruh siswa dan guru untuk melaksanakan sholat sunah istisqo. Kegiatan dilangsungkan di halaman SMK Musi, Senin (30/09). Sholat isitisqo merupakan sholat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

Ketua Pelaksana Agenda Kegiatan, Ustaz Mursalin selaku Guru Bahasa Arab, mengungkapkan, "Kegiatan sholat istisqo dilaksanakan pada pagi hari awal siswa masuk sekolah. Sebelum itu kami sudah mengintruksikan kepada seluruh siswa bahwa hari Senin akan dilaksanakan sholat tersebut supaya anak-anak juga mempersiapkan," ujar dia.

Kegiatan sholat istisqo yang berjalan khidmat tersebut, diimami oleh Ustaz Fadli dan Khotib Ustaz Fedi. Dalam khotbahnya, Ustaz Fedi menuturkan bahwa sholat istisqa ini dilaksanakan karena melihat kondisi kemarau panjang di berbagai wilayah. "Walaupun akhir-akhir ini di sebagian wilayah mulai gerimis namun masih banyak yang merasakan kekeringan," ungkapnya.

Pihaknya berharap kegiatan sholat istisqo tersebut dapat berdampak baik agar segera diberikan hujan dan masyarakat dapat merasakan nikmat luar biasa. "Seperti kita ketahui, manfaat air hujan yang selama ini air adalah sebagai kebutuhan pokok manusia di dunia ini. Tidak hanya itu mari kita selalu bersyukur akan nikmat yang luar biasa yang diberikan oleh Allah, SWT sehingga kita menjadi manusia manusia yang selalu menjaga dan merawat alam ini," tutur Ustaz Fedi.

Merespon berbagai fenomena yang terjadi di negeri ini, pihaknya juga memberikan pembinaan agar para siswa tidak terprovokasi kegiatan anarkis dan ikut larut dengan rumor yang sedang beredar.

Sementara itu, Kepala SMK Musi, Moh Abdul Kodir, menuturkan, "Untuk semua siswa, kegiatan ini juga sebagai pembelajaran tentang kehidupan dan bagaimana tata cara sholat minta hujan atau sholat istisqo ini," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait