Tanggulangi Kemiskinan, PMI Kabupaten Batang Kebut Perbaikan RTLH di 15 Kecamatan

Jumat 08-12-2023,14:52 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Novia Rochmawati

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahun 2023 ini, PMI Kabupaten Batang telah melakukan 23 perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang. Program bedah rumah yang dilakukan PMI Kabupaten Batang merupakan kegiatan ekspanasi kegiatan sosial yang sangat membantu pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan.

"Sudah sejak lima tahun ke belakang Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menggalakkan program bedah Rumah. Saat ini program bedah rumah sudah menyasar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang, dengan total kurang lebih 23 rumah yang sudah direhab," ujar Ketua PMI Kabupaten Batang, Achmad Taufiq saat diwawancarai, Jumat (8/12/2023). 

Menurutnya, hingga saat ini makin banyak permintaan dari masyarakat terkait perbaikan RTLH. Hal ini lantaran bedah RTLH dinilai efektif, ketika RTLH ini digarap oleh PMI. Karena semua komponen seperti anggota Polsek, Koramil, Warga sekitar dan relawan PMI bekerja sama untuk membantu. 

"Sehingga makin ringan dan mempercepat proses bedah rumah,” jelasnya.

Taufiq menjelaskan, tiap kecamatan bisa mengajukan dua atau lebih RTLH yang akan di bedah. Dimana nantinya tiap rumah akan dibandu Rp12,5 Juta. 

Salah satu penerima bantuan RTLH, Abdul Ghofar merasa terbantu lewat program ini. Warga Desa Masin, Kecamatan Warungasem itu mengatakan, rumahnya dulu sering bocor saat hujan karena atapnya pun juga sudah roboh. Selain itu, atap dan kayu juga sudah sangat rapuh sehingga ia khawatir saat hujan.

“Alhamdulillah dengan bantuan ini, ketika hujan saya tidak merasa khawatir, tidak takut roboh dan atap sudah tidak bocor lagi,” pungkasnya. (nov)

Kategori :