Kembangkan Bakat Sesuai Potensi

Kamis 27-06-2019,10:31 WIB

KOTA - Mengembangkat bakat minat siswa sesuai potensi dan keinginan mereka, menjadi salah satu titik point bagi SMP Salafiyah dalam mengupayakan pendidikan terbaik bagi siswanya.

AKTIVITAS - Para siswa kelas 9 sedang melakukan out bond sebagai salah satu rangkain agenda sekolah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi UN. MALEKHA

Demikian disampaikan Kepala SMP Salafiyah, Abu Bakar H, Rabu (26/6). "Bina prestasi ini kami lebih pada mendampingi anak-anak sesuai bakat minatnya ya, mereka bakatnya apa ya kita dampingi," ungkap Abu.

Ada dua kategori dalam program bina prestasi, dari kelas eksak dan non eksak. Para siswa diberikan kebebasan memilih kelas sesuai bakat mereka.

Program ini menjadi salah satu upaya pihak sekolah untuk mengembangkan siswa sesuai dengan apa yang mereka suka. Karena tentunya setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga butuh wadah yang bisa memfasilitasi.

"Selain itu, program ini juga sekaligus membuat kita mudah untuk menyiapkan para siswa diajang kompetisi, karena biasanya kalau kita persiapan dadakan untuk mengikuti kompetisi tapi kalau sudah kita kelompokkan seperti ini kan sudah tahu siapa saja yang bisa berangkat dan bahkan kita mempersiapkannya sejak awal tahun," ujarnya.

Program bina prestasi sebenarnya ia akui bukan perogram baru yang baru dilaksankan tahun ajaran baru ini, namun formulasinya senantiasa diupgrade dan di evaluasi.

"Evaluasi dari program itu bagus dan akhirnya kita lanjutkan untuk mendampingi siswa kita menemukan potensi masing-masing," terang Abu.

Proses untuk menentukan kelompokpun tidak serta merta langsung sesuai keinginan. Ada berbagai tahapan yang harus dilalui, mulai dari observasi, pengelompokkan dan pendampingan. "Untuk eksak kami memang menggunakan guru sekolah sendiri, namun untuk non eksak ada juga guru dari luar," tegas Abu.

Ia berharap, dengan program bina prestasi bisa melatih para siswa SMP Salafiyah untuk mengembangkan bakatnya serta bisa mencapai sesuai target. (mal)

Tags :
Kategori :

Terkait