Kembangkan Muhammadiyah Boarding School, Lulusan Dapat Dua Ijazah Sekaligus

Kamis 11-06-2020,15:40 WIB

RAKER - LPPM PCM Batang bersama pengurus MA Muhammadiyah Batang dan pihak terkait saat melakukan raker pembentukan Muhammadiyah Boarding School.

BATANG - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batang serius meningkatkan kualitas pendidikan di Batang. Bahkan, tahun ini pihaknya mulai mengembangkan Muhammadiyah Boarding School, yang menggandeng MA Muhammadiyah Batang. Sehingga nantinya tak hanya mengantongi ijazah pondok pesantren saja, lulusannya bakal memiliki ijazah sekolah formal.

"Muhammadiyah Boarding School ini menjadi komitmen kami untuk meningkatkan mutu pendidikan di Batang. Dengan ini lulusan tak hanya bisa sekolah formal, tetapi juga bisa mendapatkan ilmu agama layaknya di Pesantren yang juga memiliki program unggulan," ujar Ketua Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LPPM), Yanuar Ismail SPd didampingi Kepala MA Muhammadiyah Bayang, Nurudin SPdI, Rabu (10/6/2020).

Dijelaskan, nantinya siswa yang masuk jalur boarding school ini akan lebih terpantau. Sebab nantinya ketika pagi hingga sore akan belajar pendidikan formal, yang saat ini akan bekerja sama dengan MA Muhammadiyah Batang. Setelah itu mereka akan menjalankan program boarding dengan berbagai program unggulan.

"Kami ada program Tahfidzul Qur'an dan Tahsinul Qur'an. Untuk tahfidz sendiri nantinya lulusan ditargetkan bisa menghafal Qur'an minimal 15 juz. Mereka juga nantinya akan belajar Bahasa Arab dan Membaca Kitab, serta masih banyak program lainnya. Ketika akan belajar pun mereka akan ada sesi belajar kelompok sehingga bisa saling sharing dengan teman mereka. Kami juga siapkan pendamping untuk memantau mereka," imbuhnya.

Untuk tahun pertama ini, pihaknya membuka kuota 20 murid. Sementara untuk pengembangan selanjutnya, LPPM akan bekerja sama dengan Amal Usaha Muhammadiyah lainnya. Sehingga ke depan boarding school ini bisa bersinergi dengan pendidikan formal Muhammadiyah dari MI, MTs, MA, SMK se derajat.

"Untuk jalur boarding school, tahun ini kami menerima 20 murid. Pendaftaran bisa langsung ke jalur online ataupun bisa datang langsung ke MA Muhammadiyah Batang," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait