Kenakan Batik Asli Kendal Daftar di KPU, NURANI Angkat Potensi UMKM

Senin 07-09-2020,12:30 WIB

KENDAL - Kostum yang dikenakan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Ali Nurudin dan Yekti Handayani (NURANI) saat mendaftar di KPU, Sabtu (5/9) adalah batik asli Kendal. Paslon yang diusung PKB, Nasdem dan Gerindra tersebut menggelar deklarasi di kantor DPC PKB Kendal. Bahkan sebelumnya mereka meminta doa restu dua ulama kharismatik, yakni pengasuh Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah Kaliwungu KH Dimyati Rois (mbah Dim) dan pengasuh Pesantren Wasilatul Huda, Gemuh, KH. Adib Anas Noor (abah Adib).

Terkait baju batik, Mahfud Shodiq, tim pemenangan Ali Nurudin dan Yekti Handayani (Nurani) mengatakan, batik yang dikenakan paslon dibeli dari pengrajin batik di Kendal di Desa Kutoharjo, Kaliwungu.

Dikatakan Mahfud, penggunaan kostum batik lokal itu sebagai bentuk komitmen paslon NURANI untuk mengangkat UMKM bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kendal.

"Di Pungkuran, Kutoharjo, ternyata ada pengrajin batik yang sudah puluhan tahun membuat batik tulis dan cetak dengan motif khas Kendal. Ini salah satu contoh saja, bahwa Kendal punya potensi UMKM yang bisa dikembangkan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Ustad Ali mengaku merasa bangga dapat mengenakan batik asli Kendal. Menurutnya UMKM perlu didorong dan didukung dengan kebijakan dari pemerintah daerah agar bisa lebih berkembang.

"Batik Pak Haji Syafii ini bagus sekali. Tak kalah bergensi dari batik-batik dari daerah lain yang namanya sudah dikenal. Saya akan dukung dan dampingi agar pengrajin batik asli Kendal ini dapat lebih berkembang," ungkapnya.

Hal lain, Ali Nurudin menyatakan, dirinya akan meneruskan program dari bupati sekarang untuk kesejahteraan Kendal. "Saya akan meneruskan program bupati sekarang yang baik untuk kendal yang maju dan makin mendunia," tegasnya.

Sementara itu, Didik Trisnadi, warga Kaliwungu, merasa bangga karena batik karya putra daerah dikenakan oleh calon bupati Kendal. Menurutnya batik H Syafii sudah lama berdiri dengan memproduksi batik tulis maupun cetak.

"Saya sangat bangga pak Ustad Ali mau menggunakan batik lokal. Semoga ke depannya dengan terpilihnya Ustad Ali yang asli putra daerah, produk-produk lokal bisa lebih dikenal. Syukur pemda buat kebijakan yang pro kepada pelaku UMKM," pungkasnya.

Ketua DPC PKB Kendal Muhamad Makmun mengatakan, bergabungnya Gerinda dalam koalisi ini, pasangan NURANI akan meneruskan program bupati Mirna Annisa untuk Kendal lebih baik. (lid)

Tags :
Kategori :

Terkait