Ini Dia 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Osteoarthritis, Cocok untuk Penderita Nyeri Lutut

Senin 25-12-2023,09:15 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman untuk penderita osteoarthritis yang dapat kamu coba jika kamu sedang mengalami penyakit ini.

Osteoartritis merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang tergolong kronis dan progresif.

Penyakit ini terjadi ketika tulang rawan hancur sedemikian rupa sehingga tidak dapat lagi melindungi kedua ujung tulang saat menyatu pada sendi. 

Nah, salah satu pengobatan untuk penyakit ini adalah olahraga teratur. Namun, kamu tidak bisa melakukan olahraga apa pun untuk mengatasi penyakit ini.

Kamu bisa coba pilihan olahraga berikut ini untuk penderita osteoartritis.

Osteoarthritis paling sering terjadi pada lutut. Biasanya, kondisi radang sendi ini menyebabkan rasa sakit hingga kamu menjadi terlalu malas untuk bergerak. Namun, kamu tidak perlu khawatir berolahraga saat lutut terasa sakit. 

Menurut data ilmiah modern, latihan fisik diperlukan untuk memaksimalkan fungsi motorik orang dewasa dengan osteoartritis sendi lutut, tetapi harus dilakukan secara konsisten.

Sebelum pelatihan, pastikan dokter mengizinkanmu melakukan ini. Berikut beberapa olahraga untuk penderita osteoartritis lutut yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:Inilah Resep Kolagen dan Makanan yang Ampuh Meredakan Nyeri Lutut ala dr. Zaidul Akbar

BACA JUGA:Inilah 4 Resep Bikin Lulur untuk Memutihkan Siku dan Lutut Ampuh dalam Sekali Pemakaian

1. Berenang

Berenang di dalam air untuk membakar lebih banyak kalori dapat kamu lakukan. Karena air dapat membantumu menurunkan hingga 90% dari total berat badanmu.

Namun, sebenarnya tergantung seberapa banyak tubuhmu terendam air saat melakukan olahraga air. Dengan mengurangi beban pada tubuh di dalam air, kamu dapat mengurangi beban yang harus diandalkan oleh sendi lutut.

Berenang merupakan salah satu contoh latihan aerobik air yang bisa kamu lakukan.

Journal of Rheumatology mengklaim bahwa berenang dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan yang berhubungan dengan osteoartritis.

Kategori :