Kerjasama Lima Daerah Diharapkan Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Selasa 21-01-2020,13:07 WIB

KAJEN - Lima Kabupaten yakni Tegal, Pemalang, Pekalongan, Purbalingga dan Banyumas (Galang Kapurmas) menggelar rakor pembahasan draf perjanjian kerja sama wajib di Aula Setda lantai 1, Kajen, Selasa (21/1/2020).

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menyampaikan bahwa penyusunan draf lima kabupaten ini intinya ada tiga bidang. Yaitu bidang pembangunan kepemudaan, bidang ketenagakerjaan serta bidang pendidikan dan kebudayaan.

"Ini sedang ada kajian yang mendalam yang dilakukan oleh Sekda dan Kepala OPD terkait untuk sinergitas antar kabupaten dibidang kerja sama," ucapnya.

Bupati Asip menjalaskan, hampir semua kerjasama itu diatur, ada kerjasama Provinsi dan kerjasama Daerah. Khusus kerjasama daerah yang dilakukan oleh lima Kabupaten ini sedang dirancang.

"Di Kajen ini ada tiga bidang yang sedang dirancang dan yang paling penting implementasinya," lanjut Asip.

Lebih lanjut dijelaskan, Jawa Tengah saat ini sedang dirancang oleh Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin bahwa pertumbuhan ekonominya dipatok diangka 7. Jadi tidak hanya melalui Perpres 79 Tahun 2019 saja, tetapi lewat inovasi kerjasama daerah juga.

"Kerjasama daerah ini bisa menjadi faktor pendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi diangka 7 serta penurunan angka kemiskinan yang signifikan di Jawa Tengah," pungkasnya.

Harapannya agar kerjasama ini tidak hanya ditataran draf saja tetapi betul-betul bisa dioperasikan. Jangan hanya MoU saja yang kuat tetapi aksi atau pelaksanaannya harus kuat karena akan bermanfaat untuk perkembangan daerah.

Tags :
Kategori :

Terkait