7 Cara Mencegah Radang Tenggorokan dengan Mudah, Dapat Dilakukan dari Rumah

Minggu 31-12-2023,11:01 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Oleh karena itu, jika kamu sedang berkunjung ke rumah sakit atau mengunjungi sanak saudara yang memiliki penyakit menular seperti sakit tenggorokan.

Ada baiknya menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain sebagai salah satu cara untuk mencegah radang tenggorokan. 

2. Kelola Stres dengan Baik

Stres merupakan kondisi psikologis yang dapat menyebabkan ketegangan otot, termasuk otot perut, sehingga juga memicu gastric acid reflux (GERD), suatu kondisi yang menyebabkan LPR (laryngopharyngeal reflux).

Bila terjadi terus menerus, kondisi tersebut berisiko menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi dan meradang.

Untuk alasan ini, penting bagi setiap individu untuk mengelola stres sebaik mungkin sebagai cara untuk mencegah radang tenggorokan.

3. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat memicu stres yang juga meningkatkan risiko peradangan pada tubuh.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap malamnya.

4. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang juga merupakan salah satu cara untuk mencegah sakit tenggorokan.

Konsumsi makanan sehat secara teratur diketahui dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus dan bakteri seperti virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin E seperti kacang-kacangan, ikan laut, alpukat, dan kunyit karena dapat menurunkan risiko peradangan pada tubuh.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan kebutuhan zat gizi mikro lainnya, seperti mineral dan vitamin (terutama Vitamin C dan D) untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Latihan Rutin

Kategori :