Tawarkan Produk Kerajinan Limbah Kayu Bejo Di #AOE19 JCC

Rabu 03-07-2019,13:49 WIB

Bupati Wihaji ikut menawarkan langsung produk UMKB Batang pada APKASI Expo. (dok istimewa)

JAKARTA - Produk ekonomi kreatif kerajinan tas dan sandal Bejo yang yang menggunakan bahan baku limbah kayu asal Kabupaten Batang mampu menyedot perhataian pengunjung Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2019 (#AOE19) yang berlangsung di Jakarta Convention Center Rabu (3/7/2019). Pada kesempatan itu, Bupati Wihaji terjun langsung untuk menawarkan produk-produk tersebut padapengunjung.

"Kita di #AOE19 memang menampilkan produk yang beda, seperti tas dan sandal kayu yang diobuatdari limbah kayu. Dan ternyata banyak yang minat, mengingat harga yang cukup variasi dari Rp150 rubu hingga Rp 2 juta. Produkn lain pun ada seperti kupu batik dari daun, batik Rifaiyah yang memiliki khas tersendiri," ujar Bupati Wihaji saat di stand Kabupaten Batang.

Bupati Wihaji menjelaskan, tema otonomi ekspo kali ini mememang memprioritaskan wisata dan produk ekonomi kreatif dari UMKM. Karena dua hal tersebut berimplikasi terhadap peningkatan ekonomi, sehingga di harapakan melalui promosi ini produk UMKM Batang dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat luar daerah yang berimas pada peningkatan dan pemerataan kesjahteraan ekonomi.

"Ajang expo ini merupakan keberpihakan Pemkab terhadap ekonomi kreatif masyarakat untuk di promosikan di tingkat nasional. setelah peminatnya tinggi, maka kita dorong untuk memproduksi lebih banyak lagi, dan para wirausaha baru kita arahkan ke produk ekonomi kreatif," jelas Wihaji.

Wihaji mengungkapkan, digelaran Apkasi Expo tema yang diusung tetap Batang sebagai surganya Asia (Heaven Of Asia) yang mempromosikan 4 Si. Yaitui Sikembang dengan wisata alam hutan pinusnya dengan berbagai wahan, Si Gandu wista pantai dan lautnya, Si Kuping dengan wisata ekstrim paralayang dan Si Silurah yang mewakili wista budaya dengan berbagai situs peninggalan peradaban Saelendara.

"Kekuatan kita ada di wista alam, oleh karena itu sudah kita siapkan peta wisata dan video visual obeyek wista untuk di promosikan, kalau panasaran maka silahkan datang ke Batang," kata Wihaji

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan, pada AOE19 kita tampilkan produk unggulan yang sudah diseleksi, seperti Batik Rifaiyah, Tas dan Sandal Kayu Bejo, Kupu - kupu batik daun, batik warna alam, kopi dan produk makana ringan seperti emping mlinjo.

"Pameran ini kita hanya memajang sempel, jadi siapapun yang tertarik dan terjadi transaksi akan kita komunikasikan langsung dengab pihak pengrajin atau pengusaha, kita juga siapkan katalog dari produk sampai harga tertera semunya, kita hanya memfasilitasi saja," tandas Wahyu Budisantoso. (red/hmb)

Tags :
Kategori :

Terkait