Klaster Covid-19 Pedagang Pasar Bertambah

Senin 15-06-2020,10:40 WIB

**Total 9 Orang Terpapar

PEMERIKSAAN - Tim Kesehatan Kecamatan Warungasem melakukan pemeriksaan terhadap keluarga positif Covid-19.

BATANG - Daftar pasien positif virus corona jenis baru (Covid-19) dari klaster pedagang pasar bertambah satu lagi. Hal itu diketahui setelah hasil swab test dari seorang pedagang pasar asal Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem dinyatakan positif.

Saat dikonfirmasi, Jum'at (12/6/2020), Ketua RT setempat, Yusron membenarkan adanya kabar tersebut. Yusron mengatakan, bahwa saat ini warganya yang berinisial NA itu sudah dirawat di RSUD Kraton, Kabupaten Pekalongan.

"Ya, NA merupakan seorang pedagang, yang kesehariannya menjajakan dagangan di Pasar Pandansari," ungkap Yusron.

Dijelaskan Yusron, sebelumnya NA mengeluh menderita sakit sesak nafas. Oleh keluarganya, NA dibawa ke Rumah Sakit Siti Khodijah.

"Namun setelah mengetahui keluhan NA, oleh rumah sakit NA dirujuk ke RSUD Kraton. Nah, di RSUD Kraton inilah NA dinyatakan positif, karena hasil rapid testnya reaktif dan swab testnya positif," bebernya.

Adapun, kata Yusron, keluarga NA kini berstatus orang dalam pemantauan (ODP), karena tinggal dan berinteraksi dalam satu rumah. "Dari petugas kesehatan sudah melakukan rapid test terhadap keluarga NA. Namun kita belum tahu hasilnya seperti apa," kata Yusron.

Sebagai bentuk solidaritas, lanjut Yusron, maka warga setempat sepakat untuk memberikan bantuan sembako kepada keluarga NA, yang diharuskan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Perlu diketahui, hingga saat ini daftar pasien positif Covid-19 dari klaster pedagang pasar sudah mencapai sembilan orang.

Dengan rincian, pada 28 Mei 2020 ada dua orang pedagang di Pasar Blado. Kemudian, 30 Mei ada tiga pedagang di Pasar Blado dan satu pedagang di Pasar Bandar. Lalu, 2 juni ada dua orang pedagang di Pasar Blado dan terakhir 12 Juni ada satu pedagang di Pasar Pandansari.

Adapun perkembangan kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Batang saat ini masih terus bertambah. Di mana menurut data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan, pasien positif Covid-19 sudah mencapai 44 orang, dengan rincian 20 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia dan lainnya masih dirawat di Rumah Sakit. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait