Menghargai Orang Lain
Tanamkan dalam pikiranmu bahwa proses komunikasi tidak hanya tentang dirimu. Oleh karenanya, selalu hargai orang lain dengan tidak merendahkan pendapat mereka atau membuat mereka merasa tidak didengar.
Pastikan kamu memberikan fokusmu pada lawan bicara ketika mereka sedang mengatakan apa pun itu. Jangan biasakan diri mendengarkan orang lain sembari melakukan kesibukanmu sendiri, misalnya dengan bermain ponsel.
Itu akan membuat orang lain merasa tidak dihargai dan menganggap bahwa tidak berguna berbicara kepadamu.
Tunjukkan Empati
Kamu perlu sensitif terhadap keadaan sekitar dan keadaan lawan bicaramu, sehingga apa yang kamu katakana tidak akan memperburuk situsasi terlebih menyakiti perasaan orang lain.
Pintar-pintarlah membaca lawan bicaramu, mulai dari perkataan mereka, nada bicaranya, ekspresi, bahasa tubuh, dan lainnya.
Berempati juga akan membuat lawan bicaramu merasa dimengerti.
BACA JUGA 4 Buku Self-Improvement untuk Menuntaskan Masalah Komunikasi, Dijamin Jadi Jago Bicara!
Jangan Bandingkan Dirimu
Entah itu soal kebahagiaan, kemalangan, kehilangan, pencapaian, dan hal lain yang dibicarakan oleh lawan bicaramu, kamu tidak boleh membandingkannya dengan apa yang terjadi pada dirimu sendiri.
Itu bukanlah kebiasaan positif dalam berkomunikasi dan justru merupakan sikap yang sangat buruk. Dengan berlaku demikian, sama artinya kamu tidak memvalidasi perasaan orang lain. Kamu membuat apa pun yang terjadi pada mereka seolah-olah tidaklah penting.
Itulah beberapa kebiasaan positif dalam berkomunikasi yang wajib kamu terapkan jika ingin memiliki relasi yang baik dengan siapa pun itu. Atau mungkin ada kebiasaan positif dalam berkomunikasi di atas yang sudah kamu terapkan sebelumnya? (*)