Komitmen Cakades jadi Kunci Kondusivitas

Jumat 27-09-2019,13:20 WIB

Kepala Kesbangpol Batang, A Handy Hakim SSos

BATANG - Potensi kerawanan pada gelaran Pilkades Serentak 2019 di 205 desa, 29 September lusa, tetap menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Batang beserta jajaran Forkompinda. Menyusul berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah, kini nasib kondusivitas wilayah juga kembali pada komitmen setiap calon kepala desa (cakades).

Kepala Kesbangpol Batang, A Handy Hakim SSos mengungkapkan, pemerintah daerah beserta Polres, Kodim, dan unsur lainnya telah mengupayakan langkah-langkah preventif maupun pre-emtif guna meminimalir potensi kerawanan menjelang, saat, dan pasca pilkades. Bahkan, gerakan moral pilkades yang bermartabat dan tanpa praktek politik uang juga telah digaungkan bersama, melibatkan cakades, panitia, hingga toga tomas.

"Para calon juga sudah mendeklrasikan komitmen pilkades damai. Maka soal kondusivitas pelaksanaan pilkades nanti tidak hanya bergantung pada Polres, Kodim, atau pemerintah daerah, tetapi juga kembali pada iktikad setiap cakades. Ini justru jadi kunci," ungkap Handy, baru-baru ini.

Karena itu, Pemkab mengimbau para cakades untuk siap mental dalam berkontestasi. Mereka harus siap menang ataupun kalah tanpa menyisakan ekses sosial di masyarakat. Selain calon, Handy juga menekankan pentingnya peran panitia pilkades. Sebab, selaku penyelenggara, mereka juga rentan bagi terjadinya irisan kepentingan.

"Maka pesan kami, berkukuhlah pada netralitas, jangan mau diombang ambing kepentingan. Kuncinya ya berpegang pada aturan, sehingga ada kepastian hukum," tandasnya.

Terkait potensi kerawanan, jelas Handy, Kesbangpol terus berkoordinasi dengan jajaran intel di lapangan melakukan proses pengamanan tertutup, melibatkan intel Polres, Kodim, Korem, dan BIN. Sejauh ini, ada tiga potensi kerawanan yang diwaspadai sejak dini. Pertama, beberapa desa dengan jumlah cakades yang banyak, karena rentan gesekan.

Kedua, desa dengan karakteristik masyarakat yang rentan konflik. Ketiga, desa-desa yang telah memiliki benih-benih konflik sekecil apapun. "Tetapi, sejauh ini insya Allah masih terkendali. Terlebih, Pak Kapolres juga sangat all out mengawal pilkades serentak bersama Pak Bupati dan Pak Dandim. Sementara di bawah leading Dispermades, desk pilkades juga terus dan akan bekerja menampung setiap persoalan yang muncul selama gelaran pilkades, sejak pencalonan sampai nanti pasca pilkades. Kepada masyarakat, mari ikut ambil bagian dalam mengkondusifkan lingkungan masing-masing," pesannya. (sef)

Tags :
Kategori :

Terkait