KONI Geber Persiapan Porwil Dulongmas

Senin 25-11-2019,10:25 WIB

*Gelar Rapat Maraton

RAPAT MARATON - KONI Kota Pekalongan menggelar rapat maraton bersama cabor selama lima hari berturut-turut mulai 18 November hingga 22 November.

KOTA - KONI Kota Pekalongan menatap serius gelaran Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas yang akan diselenggarakan tahun 2020 di Kota Pekalongan. Selain target sukses dalam mengejar capaian prestasi, KONI juga membagi fokus agar sukses sebagai tuan rumah.

Untuk mewujudkan target itu, KONI menggelar rapat secara maraton bersama dengan cabor. Rapat digelar lima hari berturut-turut sejak 18 November hingga 22 November lalu. Selain capaian prestasi yang diwajibkan bagi setiap cabor, dalam rapat pengurus KONI juga menggali kebutuhan dan rencana penyelenggaraan pertandingan oleh masing-masing cabor.

"Ini kita tidak main-main menjadi tuan rumah. Sehingga kita harus persiapkan diri dengan matang termasuk kesiapan atlet kita untuk mengejar prestasi dan kesiapan cabor sebagai panitia penyelenggara pertandingan," ungkap Pengurus KONI Kota Pekalongan, Agus Riyanto dalam rapat bersama cabor.

Dalam rapat maraton tersebut, setiap malam setidaknya ada enam cabor yang dihadirkan untuk digali data mengenai rencana dan kebutuhan penyelenggaraan pertandingan. Pengurus KONI menanyakan sejumlah persiapan seperti lokasi pertandingan, waktu penyelenggaraan, perkiraan jumlah atlet yang hadir, jumlah perangkat pertandingan hingga estimasi biaya yang dibutuhkan.

"Kita sudah mendeklarasikan diri siap sebagai tuan rumah. Mau tidak mau, ini harus dilaksanakan sehingga kita harus serius mempersiapkannya. Pelaksanaan perlu dibantu oleh cabor, dan KONI hanya memfasilitasi. Targetnya Desember ini proposal kegiatan dari masing-masing cabor sudah harus dimasukkan untuk menyusun estimasi anggaran yang dibutuhkan," tambahnya.

Agus mengatakan, Oktober lalu sudah digelar rapat Dulongmas di Banjarnegara. Bulan ini, akan kembali digelar rapat di Banyumas dan Desember mendatang rapat akan dilaksanakan di Kota Pekalongan. Untuk itu, sebelum Desember seluruh proposal harus masuk sehingga dapat dipaparkan dalam rapat bersama.

Sedangkan mengenai persiapan bagi atlet, dia menjelaskan bahwa Training Center (TC) bagi atlet Kota Pekalongan akan dilaksanakan mulai Januari 2020 atau selama 8 bulan. "Kita akan menggelar TC jangka panjang yakni 8 bulan. Sehingga ini harus benar-benar dimaksimalkan," tegasnya.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan mengatakan, dengan persiapan maraton ditargetkan hingga akhir tahun nanti persiapan Dulongmas sudah mencapai 80 persen. "Bulan ini akan ada rapat di Banyumas dan bulan depan rapat lagi di Kota Pekalongan. Setidaknya Desember ini persiapan sudah mencapai 80 persen," kata Maretan.

Maretan berharap, sebagai tuan rumah Kota Pekalongan dapat sukses baik secara penyelenggaraan maupun sukses secara prestasi.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait