Kota Pekalongan Segera Miliki Wisata Air Terbesar

Kamis 05-12-2019,10:11 WIB

*Dibangun di Pesisir Pantai Kota Pekalongan

*Mulai Dibangun Tahun 2020

FGD - Wali Kota Pekalongan menghadiri sekaligus menyaksikan paparan desain wisata air terbesar yang akan dibangun di Kota Pekalongan.

KOTA - Kota Pekalongan akan memiliki wisata air terbesar di Indonesia dalam waktu dekat. Pembangunan wisata air itu akan dibiayai penuh oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ditargetkan mulai dibangun pada tahun 2020 mendatang. Untuk pembangunan tahap pertama, akan dipusatkan di lokasi wisata Pantai Pasir Kencana. Kemudian tahap kedua akan dibangun di wisata Pantai Slamaran, tahap ketiga di wisata Pantai Sari dan tahap keempat di wisata Mangrove.

Hal itu terungkap dalam paparan desain wisata air oleh tim perencana dalam FGD Penyusuanan DED Kawasan Wisata Taman Wisata Laut Kota Pekalongan yang digelar Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di Hotel Pesonna, Rabu (4/12).

Berdasarkan paparan tim perencana, pembangunan wisata yang dinamai 'Wisata Pantai Batik' tersebut akan dibangun memanjang di pesisir Pantai Kota Pekalongan yang meliputi empat segmen di empat lokasi yakni Wisata Pantai Slamaran, Wisata Pantai Pasir Kencana, Wisata Pantai Sari dan Wisata Mangrove. Keempatnya, akan memiliki konsep dan tema wisata yang berbeda.

Namun untuk pembangunan tahap awal, akan dibangun terlebih dahulu di lokasi Wisata Pantai Pasir Kencana dengan tema 'Artificial Tourism' atau wisata buatan. "Pantai Pasir Kencana akan menjadi prioritas pertama. Karena di lokasi tersebut akses sudah kuat dan infrastruktur juga sudah memadai," tutur Arsitek Pembangunan yang juga anggota tim perencana, Rohman Eko saat menyampaikan paparan.

Selanjutnya, baru akan dibangun di Wisata Pantai Slamaran dengan tema 'Natural Tourism' atau wisata alam, Wisata Pantai Sari dengan tema 'Coastal Kuliner' atau kuliner pesisir pantai dan terakhir di Wisata Mangrove dengan tema 'Water Landscape'.

Dalam desain yang dipaparkan, bangunan eksisting Pantai Pasir Kencana saat ini akan dirombak. Namun sejumlah bangunan eksisting, akan tetap dipertahankan dengan merubah desain bangunan seperti gerbang masuk dan panggung hiburan. Kemudian, di dalam komplek wisata juga akan dibangun spot selfie, promenade, plaza, amphiteater, panggung budaya, kuliner, souvenir, taman bunga dan taman bermain.

"Beberapa bangunan eksisting akan tetap dipertahankan dengan merubah desain. Gerbang, panggung dan kolam akan tetap ada. Kemudian akan dibangun jogging track, juga taman bermain dan taman bunga. Kami juga akn membuat beberapa bangunan dengan desain futuristik untuk spot selfie," tuturnya.

Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz mengaku bersyukur dan sangat gembira karena proyek yang awalnya hanya dianggap basa-basi akan direalisasikan dalam waktu dekat. "Awalnya Pak Mentri Basuki saat meninjau tanggul rob mengatakan bahwa akan membangun wisata air terbesar di Indonesia di Kota Pekalongan. Saat itu saya kira hanya main-main tapi ternyata ini diwujudkan," tuturnya.

Dia juga menyambut luar biasa desain yang sudah dipaparkan oleh tim perencana. "Saya kira ini luar biasa melihat jadinya seperti itu. Awalnya memang yang pertama dibangun Slamaran, tapi ternyata prioritas di Pantai Pasir Kencana tapi semua tetap akan disinergikan," kata Wali Kota.

Dengan dibangunnya wisata air terbesar, maka diharapkan juga bisa memberikan dampak positif kepada lingkungan dan kawasa utara. "Kami sangat bersyukur karena kawasan utara merupakan kawasan yang masih menjadi permasalahan kita bersama karena terus dilanda rob sehingga menyisakan berbagai masalah seperti pengangguran, keterbelakangan, dan kemiskinan. Dengan terwujudnya proyek ini maka kami berharap bisa menumbuhkan perekonomian di kawasan utara," tandasnya.

Dalam FGD, hadir perwakilan dari OPD terkait di Kota Pekalongan maupun dari Provinsi Jawa Tengah. Juga hadir jajaran pejabat dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait