KPU Gencarkan Pendidikan Pemilih Pemula

Selasa 03-12-2019,15:50 WIB

PRAKTIK BERDEMOKRASI: Pelajar dari MTsN 2 Pekalongan di Kesesi tampak tengah praktik berdemokrasi di Rumah Pintar KPU di Kantor KPU Kabupaten Pekalongan, kemarin.

KAJEN - KPU Kabupaten Pekalongan terus menggencarkan sosialisasi pendidikan pemilih, terutama pada pemilih pemula melalui Rumah Pintar Pemilu.

Ratusan pelajar MTs Negeri 2 Pekalongan di Kesesi, kemarin, tampak belajar tentang kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Kabupaten Pekalongan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, usai kegiatan itu, menyatakan, kedatangan anak-anak sekolah di KPU Kabupaten Pekalongan dalam rangka sosialisasi pendidikan pemilih untuk Rumah Pintar Pemilu. Menurutnya, sasaran program itu utamanya bagi pemilih usia sekolah, namun terbuka juga untuk pemilih umum.

Menurutnya, dalam kegiatan itu mereka dikenalkan sistem Pemilu dan demokrasi, sistem pemilihan, dan mengenalkan Pemilu dari tahun ke tahun.

"Kapan Pemilu dilaksanakan, peserta berapa, dan hasilnya apa. Kita juga kenalkan Pemilu legislatif dan presiden," kata dia.

Acara itu kian menarik karena ada pengenalan dalam bentuk 'fun game', seperti ular tangga demokrasi, scramble, dan praktik berdemokrasi.

"KPU jalin kerja sama dengan MGMP PKN dan Forum Kepala Sekolah yang ada di SD, SMP, dan MTs. Kita tawari mau dikunjungi atau mau berkunjung ke KPU. Ini juga include pembelajaran mata pelajaran PKN," terang Abi. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait