Saat Merasa Diuji dengan Anak, Lakukan Tips 5S ala Bunda Elly Risman Berikut Ini!

Selasa 27-02-2024,21:30 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

Teruslah berusaha, tetap bekerja di tengah ujian, karena Allah senantiasa melihat kesungguhan kita hamba-Nya dalam menghadapi ujian-ujian hidup.

3. Prasangka Baik

Teruslah memiliki prasangka yang baik atau berkhusnudzon kepada Allah SWT atas segala ujiannya. Kemudian jagalah sangka baik tersebut agar tidak naik turun.

Karena berkhusnudzon kepada Allah akan senatiasa memberikan semangat dan harapan dalam menghadapi ujian.

Seperti dalam QS al-Baqoroh: 286 yang menyebutkan bahwa, "Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."

Jadi saat ada ujian yang datang kepada kita, percayalah kita mampu melewatinya karena memang sudah Allah yang menjamin.

"Dan dengan izin Allah pasti segala ujian, masalah akan selesai dan mendapat akhir yang baik. Jika tidak indah di dunia, maka akan indah di akhirat," lanjut Bunda Elly menenangkan.

4. Sabar

Ujian itu perlu dihadapi dengan kesabaran dan penuh keikhlasan agar meringankan beban.  Dan tersedia pintu-pintu surga khusus untuk orang yang sabar.

BACA JUGA:Menjadi Orang Tua yang Ikhlas, Tips Parenting dr Aisah Dahlan Cara Mendidik Anak jadi Lebih Mudah dan Bijak

BACA JUGA:Awal Ceramahnya Selalu Dihina Hingga Akhirnya Jadi Majelis Idaman, Gus Iqdam: Barokahnya Sabar dan Istiqomah

5. Sedekah

Kemudian "S" yang terakhir yang bisa dilakukan saat mendapati anak sebagai ujian adalah dengan sedekah. Perbanyaklah sedekah dengan apa saja yang Anda bisa.

Karena banyak disebutkan bahwa sedekah akan membuka pintu-pintu rezeki yang lain. Yang tidak hanya soal harta, tapi juga berbagai solusi dari ujian yang sedang dihadapi.

Itu tadi tips 5S yang bisa Anda terapkan dalam menghadapi ujian yang sedang Allah berikan lewat anak. Apakah pasti akan terselesaikan?

Tentang bagaimana ujungnya nanti, Bunda Elly menjelaskan bahwa, "That's not ur business," masalah hasil bukanlah urusan kita, karena itu adalah hak prerogatif Allah SWT.

Kategori :