Serbu, Pemerintah Kembali Distribusikan 20 Ton Beras Murah SPHP ke Pasar Batang dan Limpung

Rabu 28-02-2024,16:34 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Pemerintah kembali distribusikan 20 ton beras murah SPHP me Pasar Batang dan Limpung. Masing-masing pasar tersebut mendapatkan jatah 10 ton. 

Hal ini menjadi program kerja sama Kabupaten Batang melalui Disperindakop dan UKM dan Bulog, lewat operasi pasar beras murah Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

BACA JUGA:Kendalikan Harga Beras yang Terus Melambung, Pemkab Pekalongan Gelar Gerakan Pangan Murah di Terminal Kajen

Ahli Muda Analis Perdagangan Disperindakop dan UKM Kabupaten Batang, Mursiti menyebut beras SPHP ini dijual dengan harga eceran tertinggi Rp 11 ribu per kilogram, atau Rp 55 ribu per kantong.

"Operasi pasar ini bertujuan untuk menstabilkan harga beras di tengah kenaikan yang terjadi akhir-akhir ini," kata Mursiti saat diwawancarai, Rabu 28 Februari 2024. 

Pihaknya akan melakukan pendistribusian beras SPHP selama harga beras masih tinggi.

BACA JUGA:Harga Beras Mahal, Emak-emak di Kabupaten Pekalongan Rela Berdesak-desakan di Pasar Murah Beras 

"Saat ini, harga beras medium di Batang mencapai Rp 15 ribu, sedangkan beras premium mencapai Rp 16 ribu," jelasnya 

Menurut Mursiti, harga beras diharapkan akan turun seiring dengan masuknya masa panen di beberapa daerah, seperti Grobogan dan Purwodadi. 

Namun, ia mengakui bahwa para pedagang masih memiliki stok beras dengan harga tinggi yang harus dihabiskan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Inilah Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Tepung Beras, Cuma 1 Bahan Bikin Wajah Mulus Dalam Semalam

"Kami berharap operasi pasar ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, khususnya menjelang bulan puasa dan lebaran. Kami juga akan menggelar operasi pasar di 10 titik lainnya di Kabupaten Batang," pungkasnya. (nov)

Kategori :